Ketua KPU Kapuas Hulu Sarankan TPS Alternatif Untuk Daerah Rawan Banjir

KAPUAS HULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten (Kab.) Kapuas Hulu, Provinsi (Prov.) Kalimantan Barat (Kalbar) mencatat dari 984 tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilu serentak (14/02/2024) mendatang, 121 TPS di antaranya merupakan lokasi yang rawan bencana banjir.

“Yang ingin kami pastikan agar masyarakat tetap bisa menyalurkan hak pilihannya dan kami meminta seluruh jajaran yang lokasinya rawan banjir, untuk mencari lokasi TPS sebagai alternatif agar proses pungut hitung suara tetap bisa berjalan aman dan lancar,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu Muhammad Yusuf, Putussibau Kapuas Hulu, Kamis (01/02/2024).

Yusuf mengatakan 121 TPS yang rawan banjir tersebut terdapat di 60 desa yang tersebar di 16 Kecamatan (Kec.) di wilayah Kabupaten (Kab.) Kapuas Hulu.

Ia menyebutkan berdasarkan laporan panitia pemilihan kecamatan (PPK) maupun panitia pemungutan suara (PPS) bahwa TPS yang rawan banjir di antaranya berada di Kec. Batang Lupar terdapat tiga TPS di dua desa, Kec. Bunut Hulu terdapat 10 TPS di lima desa, Kec. Empanang satu TPS di satu desa, Kec. Semitau terdapat lima TPS di tiga desa, Kec. Jongkong terdapat enam TPS di empat desa.

Kemudian, di Kec. Badau terdapat tiga TPS di satu desa, Kec. Suhaid terdapat 19 TPS di enam desa, Kec. Embaloh Hulu terdapat satu TPS di satu desa, Kec. Embaloh Hilir terdapat 15 TPS di 8 desa, Kec. Putussibau Selatan terdapat 10 TPS di 4 desa.

Selanjutnya, di Kec. Kalis terdapat 10 TPS di lima desa, Kec. Boyan Tanjung terdapat dua TPS di dua desa, Kec. Selimbau terdapat 15 TPS di tujuh desa, Kec. Bika terdapat 15 tps di tujuh desa, Kec. Putussibau Utara terdapat 40 TPS di 10 desa dan kelurahan (Kel.) dan Kec. Silat Hilir terdapat enam TPS di empat desa.

“Tempat pemungutan suara rawan banjir itu memang perlu diantisipasi karena memang saat ini kondisi cuaca tidak menentu apalagi masih ada daerah di Kapuas Hulu yang teredam banjir,” ucapnya. Yusuf meminta masyarakat bisa memahami kondisi bencana alam apabila terjadi banjir pada saat hari pencoblosan dengan harapan tidak ada masyarakat yang golput atau tidak menggunakan hak pilihnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh jajaran penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan desa untuk segera melakukan koordinasi dan komunikasi apabila terjadi bencana banjir, dengan demikian pemilu tetap bisa dilaksanakan sesuai ketentuan berlaku. “Kami akan terus meningkatkan kerja sama dan sinergi dengan semua pihak agar jika pun terjadi banjir tetap bisa diatasi dengan menjamin masyarakat tetap bisa menggunakan hak pilih dalam pemilu,” kata Yusuf.

Redaksi 02

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com