Akmal Malik : Diseminasi Informasi Sangat Penting

JAKARTA – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik menjadi narasumber dalam Program Teras Negeri di Gedung Tempo, Jalan Palmerah Barat Jakarta, Rabu (7/2/2024).

“Diseminasi informasi itu penting bagi Kaltim. Untuk apa? Agar orang tahu apa yang sudah dilakukan Kaltim untuk mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN), membangun ketahanan pangan dan membangun demokrasi Indonesia masa depan,” kata Akmal Malik usai Program Teras Negeri yang dipandu wartawan Tempo Rini Kustiarini itu.

Dia juga menilai program Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim ini sangat baik untuk mendisemimasikan berbagai langkah baik yang telah dilakukan oleh Pemprov Kaltim. Antara lain dukungan terhadap IKN, ketahanan pangan, inflasi dan demokrasi jelang pemilihan umum 14 Februari 2024 mendatang.

Bukan hanya kerjasama yang bagus dalam mendiseminasikan berbagai informasi kebijakan pembangunan Kaltim, Akmal juga menyebut rencana kerjasama lanjutan dengan Tempo untuk vokasi pendidikan terapan. Bukan hanya dalam bidang jurnalistik dan komunikasi, kerjasama dengan Tempo Group juga dalam bidang produksi dan industri.

“Kehadiran IKN ini adalah berkah bagi Kalimantan Timur. IKN akan mendorong berbagai sektor, bukan hanya ekonomi, tapi juga pembangunan infrastruktur dan lainnya. Kita bersyukur Kaltim mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi 6,2 persen. Di atas rata rata nasional. Itu salah satu berkat kontribusi IKN,” ungkapnya.

D isisi lain lanjut dia, Kaltim memiliki tanggungjawab sebagai tuan rumah untuk membantu penyiapan IKN. Mulai dukungan penyiapan material untuk infrastruktur IKN hingga soal kebutuhan pangan.

Pasalnya di tahun ini saja diprediksi akan masuk tidak kurang dari 800 ribu orang ke IkN dan daerah penyangga lainnya. Pertambahan penduduk itu secara langsung akan memantik sektor sektor lain seperti ekonomi, transportasi, pangan hingga inflasi.

“Inflasi secara nasional saat ini relatif tinggi. Kita bersyukur Kaltim berada di bawah 10 besar. Inflasi kita sekarang berad dikisaran 2,95 persen. Sementara daerah lain masih ada 3 atau 4 persen” jelasnya.

Salah satu penyebab inflasi adalah mahalnya transportasi udara akibat semakin banyak orang berbondong bondong datang ke Kaltim.

Turut mendampingi Pj Gubernur dalam kunjungan tersebut Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal serta Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan pada Biro Administrasi Pimpinan Sri Rejeki Marieta. Menyambut Pj Gubernur Direktur Tempo Media Ade Liesnasari. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Verified by MonsterInsights