Pepaya Mini Jadi Komoditas Unggulan di Wisata Edukasi Kebun Pak Agus

BALIKPAPAN – Wisata edukasi menjadi salah satu destinasi yang sedang hangat dicari oleh sebagian masyarakat. Hal ini tidak lepas pula dari daya tarik yang ditawarkan oleh wisata edukasi tersebut.

Balikpapan memiliki banyak wisata edukasi yang masih aktif sampai sekarang, tidak hanya berfokus pada tanaman sayur-sayuran saja, namun kini sudah berkembang ke berbagai tanaman buah. Salah satunya yang menangani tanaman sayur dan buah itu adalah Wisata Edukasi Kebun Pak Agus.

Berlokasi di Kelurahan Karang Joang, KM 12, Balikpapan, wisata edukasi ini semakin menarik lebih banyak pengunjung untuk bisa datang kesana. Selain alasan lokasi yang mudah dicari dan fasilitas yang lengkap, banyaknya pengunjung ini juga tertarik dengan hasil produksi yang menjadi pilar ketersediaan buah di sekitar lokasi itu, yakni buah Pepaya.

Pepaya Mini Balikpapan namanya, atau seringkali disingkat sebagai Miba. Sejak tahun 2012, Agus Basuki selaku pemilik dan pengurus yang turun langsung dalam pengembangan wisata edukasi ini, pepaya mini hasil panennya selalu diincar oleh pasar lokal, modern, maupun luar kota. Sebelum wisata edukasi ini kemudian berkembang, Agus Basuki membentuk sebuah Paguyuban Petani Pepaya Balikpapan. Semenjak itu, pamor dari pepaya mini melejit dan sampai sekarang tidak pernah absen dari daftar pembelian pengunjung.

“Buah yang jadi andalan disini adalah Pepaya. Kami mengenalnya dengan Miba. Memang ukurannya tidak cukup besar, namun rasanya tidak kalah dengan kualitas lain. Manis dan tentunya menyegarkan. Pepaya mini ini cukup terkenal dan paling banyak dicari oleh orang,” jelas Agus ketika ditemui di kebunnya, Minggu (25/02/2024).

Pepaya Mini Balikpapan ini ditanam pada segmen 1 dari total luas lahan yang ia punya. Dengan kulit berwarna hijau kekuningan dan isi yang berwarna oren keemasan, jelas sekali pepaya ini memiliki rasa yang manis dan selalu menjadi primadona orang sejak tahun 2012 hingga sekarang.

“Saya pernah coba pepayanya, ukurannya lumayan dan rasanya sangat manis. Benar-benar definisi pepaya yang jadi idaman. Sekarang, saya kesini lagi untuk membeli tomat dan pastinya pepaya juga,” ujar salah satu pembeli sekaligus penikmat pepaya dari Kebun Pak Agus, Hariyani. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com