Strategi Pembangunan Berbasis Laut, Ini Kata Wali Kota Samarinda

SAMARINDA – WALI Kota Samarinda Andi Harun bicara soal potensi maritim Indonesia. Menurutnya Indonesia bisa jadi negara maju dan super power jika memanfaatkan laut dengan baik.

“Kita harus bisa merumuskan strategi pembangunan berbasis laut. Dengan begitu kita bisa jadi negara maju bukan cuma negara berpendapatan menengah,” kata Wali Kota Andi Harun saat menghadiri Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan (FP2TPK) Indonesia di Samarinda, Senin (26/2/2024).

Dalam forum tersebut Andi Harun menyampaikan pentingnya sistem perencanaan pembangunan nasional yang beroritentasi pada laut. Dia juga menilai, laut punya peran besar dalam ekonomi, pertahanan dan kedaulatan negara.

Wali Kota juga menyoroti potensi ekonomi maritim seperti perikanan dan hilirisasi produk laut. Lebih lanjut jelasnya, hilirisasi adalah proses mengubah bahan mentah menjadi barang jadi yang lebih bernilai.

“Produk laut yang dihilirisasi bisa menjadi sumber nilai tambah yang besar. Kita harus melihat laut sebagai modal pembangunan bukan cuma sebagai komoditas ekspor,” ujarnya.

Dia juga mencontohkan rumput laut yang diolah kembali menjadi produk sabun, kosmetik dan lainnya akan memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. Selain itu hilirisasi industri kelautan juga bisa menyerap banyak tenaga kerja lokal karena pengolahannya dilakukan di Indonesia.

Andi Harun berjanji akan memperjuangkan pembangunan ekonomi kelautan untuk seluruh wilayah kepulauan dan pesisir Indonesia. Dia berharap laut Indonesia bisa jadi sumber kekuatan dan kemakmuran bangsa.

“Saya akan usulkan ini ke pemerintah baru nanti. Masa depan Indonesia ada di laut, tapi kita juga harus menjaga lingkungannya,” pungkasnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com