Keberlanjutan Infrastruktur Irigasi Kawasan Pertanian

TENGGARONG – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat tertutup dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar terkait keberlanjutan pembangunan infrastruktur sektor pertanian, bertempat di Ruang Rapat Dinas PU Kukar, di Tenggarong, Selasa (05/02/2024).

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, rapat tersebut dilakukan dalam mengevaluasi program penguatan sektor pertanian di Kukar, terutama infrastruktur di lima kawasan lumbung pangan.

“Beberapa titik irigasi yang kita akan lanjutkan seperti di Tenggarong Seberang,” ucap Edi.

Dia menjelaskan, pembangunan irigasi pertanian sudah dimulai pada 2022 yang lalu dengan target dibangun sepanjang 69 kilometer (km) pada lima kawasan lumbung pangan. Namun hingga saat ini, pembangunannya sering terkendala dalam hal administrasi, sehingga memperlambat progresnya.

Edi menyampaikan program yang sudah berjalan dan dilaksanakan bisa lebih optimal lagi berkaitan dengan percepatan. Terutama terkait administrasi yang menjadi kelemahan pemerintah dalam menjalankan program.

“Pada tahun 2023 kemarin kita lemah di administrasi sehingga belum optimal pelaksanaannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini progres sektor pertanian di Tenggarong Seberang sangat baik. Dua minggu yang lalu, dia sudah merasakan hasilnya yang cukup melimpah. “Alhamdulliah, hasilnya maksimal dan kita sudah dua kali panen,” tutupnya. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com