DPRD Kubar “Berguru” Penerapan Sosper ke DPRD Samarinda

PARLEMENTARIA SAMARINDA – BELAJAR penerapan sosialisasi peraturan daerah (perda), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) “berguru” ke DPRD Kota Samarinda.

Rombongan dipimpin langsung Ketua DPRD Kubar Ridwai beserta anggota Komisi II dan III, dalam rangka mempelajari dan bertukar informasi terkait Sosialisasi Perda (Sosper) Pajak dan Retribusi Daerah.

Kedatangan rekan sejawat dari DPRD Kubar disambut jajaran Komisi I DPRD Samarinda di ruang bersama lantai 1 kantor DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Kamis (07/03/2024) beberapa waktu lalu.

“Kunjungan kerja DPRD Kabupaten Kubar membahas sosialisasi perda. Mereka membandingkan penerapannya antara Kubar dengan Samarinda. Masalah lainnya, terkait isu-isu strategis apa yang ada di Kota Samarinda yang mungkin bisa dibawa ke Kubar. Selebihnya masalah kedewanan biasa saja,” ungkap anggota Komisi I DPRD Samarinda Suparno kepada awak media usai pertemuan.

Suparno juga mengatakan, rombongan DPRD Kubar juga sempat menanyakan perihal pertambangan. Namun pihaknya menjelaskan bahwa di Sanarinda tidak ada tambang batu bara secara koridoran. Karena itu, pihaknya menyarankan untuk bertanya kepada DPRD Provinsi Kaltim agar mendapat masukan yang lebih akurat.

“Ada membahas masalah tambang koridor, namun wilayah kita tidak ada lokasi untuk hal itu. Jadi, mungkin usai dari sini, mereka provinsi untuk mendalami hal tersebut dan bagaimana menangani masalah itu,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Dia melanjutkan, banyak anggota dewan dari luar daerah yang berkunjung ke Samarinda sejak dibukanya Bandara APT Pranoto Samarinda. Mereka beralasan karena tidak memiliki waktu yang banyak dalam kunjungan kerjanya, jadi memilih daerah tujuan yang mudah dan jaraknya dekat dengan bandara.

“Kabupaten lain di luar Kaltim sudah banyak datang, terlebih pada saat bandara ada. Karena kita tahulah anggota dewan ini kadang-kadang mereka waktunya tidak banyak. Jadi untuk mempermudah sekaligus mempersingkat waktu, di mana daerah yang ada bandaranya, di situ menjadi tujuan mereka,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Suparno berharap, semakin banyak anggota DPRD dari luar Samarinda yang datang dan berwisata sehingga perekonomian masyarakat dapat naik dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Samarinda meningkat.

“Harapannya semua kabupaten/ kota dapat berkunjung ke Samarinda, agar retribusi Kota Samarinda naik. Mereka menginap di Samarinda, maka PAD untuk Samarinda bertambah,” tutup Anggota Dewan dari daerah pemilihan Samarinda Ilir, Samarinda Kota, dan Sambutan ini. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com