DPRD Kabupaten Barru Kunjungi DPRD Samarinda

PARLEMENTARIA SAMARINDA – DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda menerima kunjungan Kerja (Kunker) DPRD Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Pertemuan yang digelar di ruang rapat bersama lantai 1 kantor DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Rabu (06/03/2024) beberapa waktu lalu, itu membahas kerja sama perdagangan yang dapat dilakukan oleh kedua daerah.

Ditemui awak media usai menerima kunjungan tersebut, Ketua Komisi I DPRD Samarinda Joha Fajal mengatakan, rombongan DPRD Kabupaten Barru yang melakukan kunjungan ke DPRD Samarinda merupakan gabungan dari beberapa komisi.

Mereka, jelas wakil rakyat kelahiran Ujung Pandang, 18 Februari 1967 ini, menganggap Samarinda sebagai mitra dari Ibu Kota Negara (IKN), tentunya kebutuhan ekonominya akan meningkat seperti kebutuhan bahan pokok. Maka mereka melihat ada peluang yang dapat dikerjasamakan.

“Sebagai kota penyangga IKN, mereka menilai Samarinda akan membutuhkan pasokan bahan pokok yang cukup besar. Maka mereka melihat hal itu sebagai peluang dan ingin melakukan kerja sama,” papar politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini.

Dia mengungkapkan, Samarinda telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 07 tahun 2020 tentang investasi yang isinya membuka peluang kerja sama di berbagai bidang dan dengan berbagai daerah.

Karenanya Joha menegaskan, semestinya setiap ada kunker semacam ini, Dinas Perdagangan dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Samarinda dapat ikut mendampingi.

“Terkait Perda investasi Nomor 07 Tahun 2020 yaitu membuka kepada seluruh kabupaten/kota yang sama-sama mengembangkan Samarinda dan semestinya kita mengundang sektor perdagangan, termasuk perizinan,” katanya.

 

Dalam kesempatan itu Joha berharap, terjalin hubungan kerja sama dengan baik antara kedua daerah dan dengan adanya kunjungan tamu dari luar daerah akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Samarinda karena mereka sekaligus menjadi wisatawan.

“Harapan kami dengan adanya tamu yang ingin bekerja sama dengan Pemerintah Kota berkaitan dengan investasi dapat berjalan dengan baik dan harus siap untuk memerima tamu dari luar sehingga dapat menaikan PAD,” tutup anggota Dewan dari daerah pemilihan Kecamatan Palaran, Samarinda Seberang dan Loa Janan Ilir ini. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com