sri mulyani mentri keuangan

DPR Pertanyakan Program Makan Siang Gratis: Inilah Respons Sri Mulyani

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memilih bungkam ketika dicecar anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Rakyat Indonesia (RI)  terkait program makan siang gratis yang diusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ditanya soal anggaran program tersebut, Sri Mulyani menjawab, dirinya tidak tahu menahu soal alokasi dana untuk program makan siang gratis karena belum tercantum di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024. “Jadi mohon maaf sekali, apalagi ini bulan puasa, mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya saya nggak bisa komentar soal makan siang gratis,” ucap Sri Mulyani di DPR, sebagaimana dikutip dari siaran live Youtube Komisi XI DPR RI, Rabu (20/3/2024).

Sri Mulyani meluruskan, dirinya tidak bermaksud menghindari pertanyaan dari anggota dewan, salah satunya dari anggota Komisi XI, Anis Byarwati dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Wartiah dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan  (PPP). Menurut Sri Mulyani, pihaknya memang belum bisa menjawab program makan siang gratis lantaran belum dialokasikan di APBN 2024. “Termasuk bukan karena kami menghindar ya pertanyaan bapak ibu sekalian tentang makan siang gratis.

Kami nggak menjawab karena di APBN kita belum ada. 2024 Kan tidak ada. Kalau ini adalah untuk pemerintah yang baru, bapak dan ibu sekalian kan juga paham bahwa siklus APBN,” tegas Sri Mulyani. “Pada bulan ini saya harus sampaikan ke kabinet. Ke DPR nanti (April) saat UU APBN 2025 akan disampaikan, baru presiden yang sekarang (Jokowi) pada 16 Agustus (umumkan di Nota Keuangan),” tambah dia. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut, dalam penyusunan APBN ada masa transisi pemerintah. Belum lagi, lanjut dia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga belum secara resmi menetapkan pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Dan jangan lupa ini pemerintah transisi. Kami akan membantu untuk mendesain APBN transisi dengan etikanya kita komunikasi dengan incoming-incoming (pemerintahan baru). KPU belum putuskan, ya saya belum (bisa jawab detail) ibu. Kami ini masih tunggu officially KPU sampaikan siapa kemudian pemerintah baru,” jelasnya. Uji coba program makan siang gratis Pemerintah sendiri baru-baru ini sudah melakukan uji coba program makan siang gratis di sebuah sekolah di Tangerang.

Pelaksananya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Simulasi program makan siang gratis ini diberikan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten. Ada juga anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang mendapatkan makan siang gratis tersebut. Ada empat menu yang disajikan, yakni nasi ayam, nasi semur telur, gado-gado, dan siomay.

Semua menu diklaim sudah memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran, dan buah. Airlangga menyebut kisaran per anak mendapatkan jatah makan siang gratis Rupiah (Rp) 15 ribu, anggaran itu belum termasuk pengadaan susu. Airlangga mengatakan ada sekitar 70,5 juta orang yang kemungkinan menjadi penerima makan siang dan susu gratis tersebut. Jumlah calon penerima ini terdiri dari 22,3 juta anak balita, 7,7 juta anak Taman Kanak-kanak (TK), 28 juta anak SD, dan 12,5 juta anak SMP hingga madrasah. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com