Pansus LKPJ Gelar RDP dengan Dishub dan DPKUKM Samarinda

PARLEMENTARIA SAMARINDA – GUNA menggali capaian kinerja dan realisasi anggaran Tahun 2023, Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda dan Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Samarinda.

RDP yang digelar di ruang rapat utama Gedung DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Rabu (17/04/2024). Dipimpin Ketua Pansus Fahruddin, didampingi anggota Pansus Deni Hakim Anwar, Anhar SK, Laila Fatiha, Achmat Sopian, Abdul Rohim, Ahmad Vananzda, dan Joni Sinatra Ginting.

Dari hasil RDP tersebut, Fahruddin menyampaikan sejumlah catatan. Seperti dari hasil pertemuan dengan Dinas Perhubungan Samarinda, ia menggaris bawahi realisasi anggaran pada tahun 2023 yang terbilang cukup baik karena mencapai 80 persen.

Sementara rapat dengan Dishub Samarinda, Pansus mengetahui bahwa pada 2023 mereka mempunyai anggaran sebesar Rp49,3 miliar. Sementara realisasi anggarannya mencapai Rp47,3 miliar, dengan persentase capaiaan sebesar 95 persen.

“Untuk Dishub Samarinda dari Rp49,3 miliar, sudah terealisasi kurang lebih Rp47,3 miliar. Jadi sudah tercapai 95 persen. Dishub ini menjadi sorotan mengenai LPJU dan mereka menjelaskan anggaran LPJU tidak semuanya digunakan untuk penerangan jalan tetapi juga untuk pembangunan jaringan sehingga kekurangan anggaran,” ujar Fahruddin.

Dia melanjutkan, pihaknya mendapat informasi dari Kepala Dishub Samarinda bahwa pengelolaan parkir sejumlah mall di Samarinda belum memiliki izin Online Single Submission (OSS) dari Dishub Samarinda. Sehingga dewan akan mengambil langkah untuk memanggil pihak pengelola mall tersebut.

“Disampaikan pula oleh Dishub ada beberapa mall yang OSS tidak ada. Hal itu juga yang membuat kami kaget. Kami akan panggil semua pengelola mall untuk menambahkan di dalam rekomendasi kami,” kata politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Kemudian dengan Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Samarinda, Pansus menerima laporan serapan anggaran 2023 mencapai 88 persen dari jumlah anggaran kurang lebih Rp14 miliar dan terealisasi Rp12,7 miliar.

“Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Samarinda dengan anggaran yang mereka punya hanya Rp14 miliar terealisasi Rp12,7 miliar, jadi 88 persen apa yang mereka realisasikan, dan lebih banyak pada pembinaan UMKM seperti program kredit bertuah,” tutup Fahruddin. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com