Per Juli 2024, Mall Wajib Terapkan Parkir Non-tunai

SAMARINDA – PER tanggal 1 Juli 2024 Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda bakal menerapkan sistem pembayaran parkir non-tunai di seluruh area parkir mal yang ada di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) itu.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Samarinda Hotmarulitua Manalu kepada awak media usai mengikuti Rapat Dengat Pendapat (RDP) di ruang rapat utama Lantai 1 Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Rabu (17/04/2024).

“Kami ingin memastikan bahwa transisi ke sistem pembayaran non tunai ini berjalan lancar dan tidak mengurangi kenyamanan pengunjung serta tidak akan mengurangi jumlah pengunjung mal tersebut. Jadi pada 01 Juli 2024 pengelola parkir akan menerapkan sistem pembayaran non-tunai,” beber Manalu -sapaan akrabnya.

Dia melanjutkan bahwa penggunaan uang elektronika dapat menggunakan E-Money (Bank Mandiri), Flazz (BCA), Tapcash (BNI), dan Brizzi (BRI) sebagai alat pembayaran yang diterima pada transaksi jasa parkir.

“Untuk itu, kami akhir-akhir ini telah melakukan sosialisasi secara masif dan meminta perusahaan pengelola menyediakan fasilitas bagi mereka yang belum memiliki kartu uang elektronik dengan menggandeng bank penyedia jasa,” ungkapnya.

Dikatakan Manalu, pihaknya juga berupaya untuk mengatasi kekhawatiran masyarakat terkait dengan kebijakan itu, yakni ketersediaan kartu dan pengisian saldo dapat melalui gerai ritel seperti Indomaret, Alfamidi, maupun bisa diurus ke perbankan penyedia.

“Kami mengerti ada kecemasan di kalangan pengguna yang belum pernah mencoba sistem pembanyaran non-tunai, tetapi itu harus diterapkan sedari sekarang sebagai langkah moderenisasi dan transparansi hasil jasa parkir,” katanya.

Dalam kesempatan itu Manalu berharap, dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan teransaksi di area parkir, sekaligus mendukung gerakan menuju gaya hidup transaksi non-tunai dan masyarakat harus siap dalam menghadapi perubahan ini.

“Sosialisasi akan terus kami lakukan hingga tanggal penerapan, dan kami berharap masyarakat dapat beradaptasi dengan sistem baru ini demi kelancaran dan keamanan bersama,” tutup Manalu. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com