Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud menilai bahwa pejabat otorita IKN Nusantara yang baru dilantik tak memenuhi syarat sebagai putra daerah.

Menagih Janji Posisi Petinggi IKN

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud menilai bahwa pejabat pimpinan tinggi madya Otorita IKN Nusantara yang baru dilantik tak memenuhi syarat sebagai pejabat yang berasal dari putra daerah.

 

PARLEMENTARIA DPRD KALTIM – Berdasarkan ingatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Hasanuddin Mas’ud, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pernah menjanjikan bahwa putra daerah akan menjadi prioritas dalam penempatan para pejabat tinggi di Pemerintah Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Namun, pelantikan lima pejabat pimpinan tinggi madya pada Otorita IKN Nusantara pada Kamis (13/10/2022) di Gedung Serba Guna Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Ketua DPRD Kaltim menyebut, kelima orang yang memperoleh posisi itu belum memenuhi aspirasi masyarakat Kaltim, yakni tak satu pun dari mereka merupakan putra daerah.

“Masyarakat ini masih menagih janji Presiden bahwa deputi di prioritaskan putra daerah,” ujar Hasanuddin Mas’ud ketika diwawancara para awak media di Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Samarinda, Kamis (13/10/2022).

Wakil rakyat dari Partai Golongan Karya asal daerah pemilihan Kota Balikpapan ini mengingatkan bahwa ada aturan yang dibuat dan berbunyi bahwa Otorita IKN mengutamakan paling tidak dua Deputi yang diisi figur lokal. Sangat banyak figur lokal yang berpendidikan tinggi, berintegritas dan berdedikasi tinggi.

“Apakah ditugaskan (ditunjuk langsung) atau kah open bidding (seleksi terbuka, red) itu kan hanya mekanisme saja, yang dilegasi dengan peraturan yang dibuat. Tapi intinya publik Kaltim menagih janji putra daerah mengisi deputi itu,” papar anggota legislatif yang baru dilantik menjadi Ketua DPRD Kaltim beberapa pekan lalu (12/09/2022). []

Penulis: Fajar Hidayat

Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com