Pasar Baluluq Lingau Sokong Pertumbuhan Ekonomi

PARLEMENTARIA KOTA SAMARINDA – Pasar rakyat Baluluq Lingau yang berlokasi di Jalan PM Noor, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat setempat sebagai tempat perputaran uang dana untuk menyokong pertumbuhan ekonomi kota. 

Rusdi

Harapan tersebut disampaikan Rusdi, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda kepada para pewarta saat ditemui di sela-sela acara peresmian pasar rakyat Baluluq Lingau, Rabu (08/02/2023). “Dengan adanya pasar ini masyarakat dapat memanfaatkan sebaik-baiknya sebagai tempat perputaran roda perekonomian kota Samarinda,” ujar Rusdi.

Pemanfaatan pasar rakyat itu, lanjut dia, di antaranya adalah dengan merelokasi para pedagang yang semula menjajakan dagangannya di pinggir jalan, sehingga dapat menambah nilai estetika kota dan berdampak pula terhadap pertumbuhan perekonomian di Samarinda.

“Yang tadinya berjualan di pinggir jalan, ditata menjadi rapi. Dengan adanya tempat ini masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik untuk memacu pertumbuhan ekonomi di Samarinda karena semakin banyak orang berdagang putaran uang semakin banyak maka penghasilan masyarakat mampu meningkat,” ujar politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Wakil rakyat kelahiran Malunda, 31 Desember 1965 menjelaskan, pertumbuhan ekonomi tersebut tentu bukan saja untuk masyarakat, tetapi juga bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda yang mendapatkan retribusi dari fasilitas pasar itu. Retribusi menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terus dipacu peningkatannya.

“Jadi pedagang yang di luar bisa masuk ke sini (pasar rakyat Baluluq Lingau, red) , kita mendapatkan PAD, dikenakan retribusi karena menempati fasilitas pemerintah,” terang anggota legislatif dari daerah pemilihan Kecamatan Samarinda Ilir, Samarinda Kota, dan Kecamatan Sambutan.

Dia memprediksi, pasar tradisional ini nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Samarinda, karena produk-produk yang dijual adalah produk unggulan lokal. Agar pasar rakyat Baluluq Lingau cepat terkanal, maka produk lokal harus terus ditingkatkan.

“Sebagai suatu tempat jual beli, nantinya pasar tradisional ini pasti akan terkenal, jadi semua orang datang ke Samarinda akan akan bertanya di mana pasar Rakyat Baluluq Lingau, yang perlu diperbanyak produk-produk lokal unggulan Kaltim harus ada di sini,” ujar Rusdi.

Di tambah lagi lokasi Ibu Kota Negara berdekatan dengan Samarinda dan Ibu Kota Provinsi Kaltim ini merupakan salah satu penyangganya, maka potensi kunjungan wisata ke Samarinda juga semakin besar. “Samarinda adalah penyangga IKN, pasti semakin banyak orang yang datang, mencari oleh-oleh tradisional khas Kalimantan, sudah ada di pasar Rakyat Baluluq Lingau,” kata Rusdi.

Apabila nantinya perlu dilakukan pengembangan, Rusdi memastikan bahwa pihaknya pasti akan memberikan dukungan. “Kita pasti mendukung karena ini kepentingan masyarakat bukan kepentingan kita, kalau masyarakat sejahtera pasti pemimpinnya ikut sejahtera,” pungkas Rusdi. []

Penulis: Guntur Riyadi  | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com