Sekretaris Komisi III Benarkan Pasar Pagi Akan Direkonstruksi

PARLEMENTARIA KOTA SAMARINDA – Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Mohammad Novan Syahronny Pasie membenarkan rencana Pasar Pagi akan direkonstruksi pada tahun 2024 mendatang.

Mohammad Novan Syahronny Pasie

Hal itu disampaikan, Mohammad Novan Syahronny Pasie saat ditemui awak media di ruang kerjanya di Lantai 4 gedung DPRD Kota Samarinda, jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Kamis (09/02/2023).

“Iya masih proses rencana Pasar Pagi akan ditata kembali karena memang kondisi pasar pagi saat ini tidak cukup memadai, memang kondisinya di baseman sudah semerawut, terkesan kumuh, makanya ada rencana untuk melakukan revitalisasi di Pasar Pagi,” ujar politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Menurut Novan sapaan akrabnya, berdasarkan informasi yang ia dapat dari surat kabar bahwa Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Perdagangan yang akan membangun Pasar Pagi di tahun 2024. “Pemerintah kota masih menyusun perencanaan DED (Detail Engineering Design, red) akan diproses melalui Dinas Perdagangan. Nanti kalau sudah sesuai dengan peruntukan dan desainnya, mungkin dilaksanakan pengerjaan fisiknya tahun 2024,” ungkap wakil rakyat kelahiran Samarinda, 23 November 1981 ini.

Karena masih proses penyusunan DED, maka model rekonstruksi Pasar Pagi masih belum diketahui, namun diyakini Novan akan dibangun dengan nuansa pasar tradisional tetapi tidak menghilangkan estetika dan representasinya sebagai rujukan pasar di Kota Samarinda.

“Kendala yang dihadapi, masalah pembiayaan dan penataan termasuk parkir nanti seperti apa, Pemerintah Kota melakukan review, supaya kesannya tetap seperti pasar tradisional, tetapi jauh lebih representatif dan lebih nyaman orang berkunjung,” kata Novan.

Ia mengatakan, Komisi III belum ada pertemuan dengan Dinas Perdagangan terkait direkonstruksi kembali Pasar Pagi Samarinda. “Sampai saat ini Dinas Perdagangan belum ada melakukan pembicaraan dengan Komisi III DPRD Samarinda, karena ini masih dalam perencanaan, belum eksekusi. Nanti kalau sudah masuk ke tahapan fisik itu baru berkaitan dengan komisi III, sementara masih perencanaan di Dinas Perdagangan,” terangnya.

Menurut Novan, Pasar Pagi merupakan salah satu ikon Kota Samarinda sehingga perlu dipercantik agar pengunjung menjadi lebih nyaman untuk datang. “Pasar Pagi salah satu ikon Kota Samarinda di sana ada bermacam jenis pedagang yakni pedagang konveksi dan pedagang sayur mayur, nantinya akan di-klaster-kan supaya tertata dan pengunjung jadi lebih nyaman nantinya,” pungkas Novan. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com