Tak Setuju DOB, Wacanakan Jadi Pusat Pemerintahan

PARLEMENTARIA SAMARINDA – Wacana adanya pemekaran Kota Samarinda di wilayah Selatan, tepatnya untuk kawasan Seberang Kota Samarinda agar dibentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) tidak mendapatkan dukungan dari salah seorang wakil rakyat ‘Gedung Basuki Rahmat’. Sikap itu disampaikan Anhar, anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda.

Anhar

Ia justru mendorong Samarinda Seberang menjadi pusat pemerintahan, bukan menjadi DOB sebagaimana gencar diwacanakan selama ini. Ia belum satu suara mendukung wacana pembentukan DOB  Samarinda Seberang. Dengan tegas, ia tak mendukung soal rencana adanya DOB Samarinda Seberang.

Anggota Komisi III DPRD Samarinda ini justru ingin mendorong pusat pemerintahan dipindahkan ke Samarinda Seberang. Menurutnya yang tepat adalah memindahkan aktivitas pemerintahan seperti perkantoran ke Samarinda Seberang, dan bukan untuk menjadikan Samarinda Seberang menjadi daerah otonomi baru.

Anhar lebih mendukung wacana Pemkot untuk menjadikan Samarinda Seberang menjadi Kota Satelit. “Dulu di Surabaya itu daerah Darmo yang dijadikan kota satelit atau kota baru di Surabaya untuk memecah aktivitas niaga di Surabaya. Sama juga dengan Samarinda,” ujarnya, Selasa (11/04/2023).

Selain itu, Anhar berpendapat bahwa beberapa pihak yang mendukung pemekaran tersebut hanya memiliki ambisi politik, namun memikirkan dampak 20 hingga 30 tahun ke depan. “Jangan dilihat dari aspek politik saja, sebab itu tidak mudah. Jangan sampai nanti ketika dimekarkan, tidak memiliki sumber daya penghasilan yang cukup, akhirnya disusui terus dan menjadi beban oleh Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Penulis: Fajar Hidayat | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com