Staf ahli Gubernur Kalteng Yuas Elko memimpin Rakor didampingi Kepala Disbudpar Kalteng Adiah Chandra Sari (kanan) dan Kepala Perwakilan BI Kalteng Taufik Saleh. - (Foto:Agung/Aldo)

Kalteng Siap Gelar Gernas BBI dan BBWI 2023

Rakor Persiapan Gernas BBI dan BBWI Tahun 2023 di Ruang Rapat Bajakah Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (8/6/2023). – (Foto:Agung/Aldo)

 

PALANGKA RAYA – Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) siap menggelar kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2023, yang puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2023 mendatang.

Demikian hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Gernas BBI dan BBWI 2023 di Ruang Rapat Bajakah Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (8/6/2023). Rakor dipimpin Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko dan dihadiri sejumlah perwakilan perangkat daerah terkait. Termasuk Kepala Disbudpar Kalteng Adiah Chandra Sari serta Kepala Perwakilan BI Kalteng Taufik Saleh.

Dalam rakor itu, Yuas Elko menegaskan bahwa Kalteng sudah siap untuk menyelenggarakan Gernas BBI dan BBWI, pertengahan Juli mendatang. “Tinggal dukungan dari Pemprov Kalteng terkait dengan Surat Keputusan (SK) sebagai dasar untuk melaksanakan pekerjaan,” katanya.

“Diharapkan kegiatan nasional BBI dan BBWI ini benar-benar bisa berjalan dengan baik, selain untuk meningkatkan gerakan pangan nasional, dengan adanya kegiatan ini perekonomian Kalteng juga akan menguat” ucapnya lagi.

Staf ahli Gubernur Kalteng Yuas Elko memimpin Rakor didampingi Kepala Disbudpar Kalteng Adiah Chandra Sari (kanan) dan Kepala Perwakilan BI Kalteng Taufik Saleh. – (Foto:Agung/Aldo)

 

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Adiah Chandra Sari menegaskan bahwa Gernas BBI dan BBWI 2023 yang akan diselenggarakan di Kalteng adalah agenda nasional. Karena itu harus dipersiapkan secara matang.

“Kegiatan ini adalah agenda nasional, oleh karenannya tentu persiapan-persiapan harus benar-benar matang. Mudah-mudahan melalui rapat ini kita bisa menghasilkan suatu kesepakatan bersama, baik itu agenda SKnya maupun agenda pelaksanaan kegiatan pada bulan Juli yang akan datang” jelas Adiah.

“Kita sudah akomodir masukan dan saran dari pihak-pihak terkait, diharapkan tidak ada kendala, sehingga dalam waktu dua minggu ini SK sudah bisa disetujui oleh Biro Hukum dan ditandatangani bapak Gubernur” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BI Kalteng Taufik Saleh memaparkan, munculnya Gernas BBI dan BBWI yang dilaksanakan sejak tahun 2020, sebagai respon nasional terhadap kondisi pandemi. Untuk mendukung daya beli, maka didoronglah masyarakat menengah atas untuk berbelanja.

Pada tahun 2022 yang lalu, terdapat sembilan provinsi yang sudah menyelenggarakan Gernas BBI dan BBWI ini. Sedangkan Kalimantan Tengah untuk pertama kalinya melakukan aktivasi sebagai provinsi penyelenggaran BBI dan BBWI Nasional tahun 2023 ini.

“Penyelenggaraan Gernas ini diselenggarakan bertepatan dengan Hari Anak Nasional pada bulan Juli yang akan datang, dan selama ini sudah banyak kegiatan pendukung yang kita dilakukan diantaranya Festival Tambun Bungai, Kalteng Expo, Festival Budaya Isen Mulang, Festival Kuliner Nusantara dan lain sebagainya” paparnya. []

Penulis : Levri / Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com