Foto bersama kontingen Penas Petani Nelayan XVI 2023 bersama Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid usai pelepasan di Pelabuhan PLBL Liem Hie Djung Nunukan, Jumat (09/06/2023).

Bupati Nunukan Lepas 75 Orang Kontingen Penas Petani Nelayan XVI 2023

Foto bersama kontingen Penas Petani Nelayan XVI 2023 bersama Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid usai pelepasan di Pelabuhan PLBL Liem Hie Djung Nunukan, Jumat (09/06/2023).

 

NUNUKAN – Kabupaten Nunukan mengirim sebanyak 75 orang utusan ke ajang Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat. Kontingen Penas Nunukan ini, secara resmi dilepas keberangkatannya oleh Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid di Pelabuhan PLBL Liem Hie Djung Nunukan, Jumat pagi (09/06/2023).

Pelepasan Kontingen ditandai dengan penyematan tanda pengenal oleh Bupati Nunukan kepada peninjau, pendamping dan peserta kontingen PENAS disaksikan Wakil Bupati Nunukan, Kepala Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nunukan.

“Saya berharap peserta dapat memanfaatkan forum Penas Petani Nelayan dengan sebaik-baiknya. Baik melalui pertemuan, diskusi, pameran, studi banding, peragaan, serta tukar menukar informasi dan teknologi dengan peserta lainnya,” kata Asmin Laura.

“Ilmu yang didapatkan di sana harus disebarkan kepada petani dan nelayan lainnya yang belum sempat ikuti kegiatan ini. Jadi peserta harus bisa amati, tiru, dan modifikasi,” tambahnya.

Menurut dia, sektor pangan perlu dibangun dengan memperhatikan fakta bahwa pangan merupakan kebutuhan wajib. Apalagi hingga saat ini Nunukan masih banyak keterbatasan dalam ketersediaan pangan, utamanya beras, kedelai, jagung, dan daging. Sementara kebutuhan pangan terus meningkat, karena pertambahan dan perkembangan penduduk.

Ia menyebut Kabupaten Nunukan punya potensi dan areal yang dapat dikembangkan serta difokuskan dalam penyediaan pangan utama. Seperti padi, jagung, ubi kayu, dan ikan.

“Nanti masing-masing daerah akan menampilkan kemajuan dan keunggulan tata kelola pertanian. Sehingga ini jadi ajang pembelajaran untuk memajukan usaha pertanian termasuk kelautan dan perikanan. Serta kegiatan budidaya di subsektor masing-masing,” ucap Laura.

Dalam kesempatan itu, Bupati Asmin Laura juga berpesan agar kontingen Penas dari Kabupaten Nunukan tampil percaya diri. Sekaligus dapat mengharumkan nama daerah dalam berbagai event yang diikuti. Sedangkan kepada para pendamping agar memberikan semangat sehingga peserta bisa tampil lebih percaya diri.

“Pendamping harus beri semangat sehingga peserta bisa tampil percaya diri,” ujarnya.

Sekadar diketahui, even Penas Petani Nelayan XVI di Kota Padang, Sumatera Barat, akan dihelat di Lapangan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir, Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tengah, pada 10 Hingga 15 Juni 2023. []

Penulis / Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com