Dewan Juri Panji Keberhasilan Pembangunan Kunjungi Dispusip Berau

BERAU – DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Berau menerima kunjungan Dewan Juri Panji Keberhasilan Pembangunan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Bidang Perpustakaan.

Tiga orang dewan juri, yakni Hj. Ardiningsih, Inni Indarpuri dan Erma Wulandari tiba di Kantor Dispusip Berau Jalan Milono, Tanjung Redeb, Rabu (18/10/2023). Mereka disambut langsung Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih didampingi Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau Hj. Maulidyah dan Kepala Dispusip Berau Yudha Budisantoso.

Turut hadir jajaran Dispusip Berau dan mitra kerja perpustakaan, seperti Duta Baca, Duta Perpustakaan Sekolah, Gerakan Pemberdayaan Minat Baca (GPMB) Berau, Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah (Atpusi) Berau dan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Berau.

Agenda penjurian yang dilaksanakan dalam penilaian tersebut antara lain adalah verifikasi data atas dokumen-dokumen terkait sebanyak dua tahap. Setelah itu dilanjutkan dengan penilaian lapangan di Gedung Perpustakaan Berau.

Dalam sambutannya, Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih berharap agar pelaksanaan penjurian berjalan lancar sesuai dengan rencana dan Kabupaten Berau dapat memperoleh hasil maksimal yaitu Penghargaan Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan.

Ketua Tim Penilaian Panji Perpustakaan, Ardiningsih menilai Dispusip Berau secara kumulatif sudah sangat bagus, dalam arti upaya-upaya pengembanggannya dan komitmen dari Pemerintah Kabupaten (Pamkab).

“Kami minta agar terus update kemajuan-kemajuan yang ada saat ini termasuk dengan minat masyarakat terhadap koleksi buku yang ada,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu cara meningkatkan gemar membaca kepada masyarakat harus didukung dengan sarana-prasarana yang harus difasilitasi. Pasalnya, diakuinya setiap tahun kegemaran membaca masyarakat berbeda-beda.

“Seperti di jaman dulu itu gemarnya membaca novel sejarah ataupun lainnya, semakin majunya jaman maka yang dicari masyarakat juga akan berbeda,” kata dia.

Pada saat kunjungan dirinya juga memberikan pekerjaan rumah (PR) bagi Dispusip Berau yakni terkait dengan akses distabilitas atau penyediaan tempat. Karena, masyarakat yang memiliki kekurangan tersebut memiliki hak untuk menikmati fasilitas pemerintah.

“Jika saya nilai bahwa pengembangannya sudah cukup bagus, tetapi saya tetap meminta agar penataan buku juga bisa harus dilakukan dengan ahlinya. Jangan hanya sekat sana sekat sini. Yang ditakutkan malah tidak bagus,” tegasnya.

Sementara Asisten III Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau, Maulidyah mengatakan kedatangan pihak provinsi dalam rangka bentuk penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan khusus untuk Bidang Perpustakaan dan Kebudayaan Kegemaran Membaca.

“Ini adalah salah satu bentuk dalam rangkaian memperingati HUT Kaltim yang setiap tahun dikeluarkan panji-panji keberhasilan yang dinilai seluruh kabupaten/kota di Kaltim,” paparnya.

Dirinya mewakili Pemkab Berau berupaya untuk melengkapi kriteria tersebut. Sekaligus berharap Dispusip Berau dapat memenuhi indikator-indikator tersebut. “Saat saya melihat secara langsung presentasi dari Disupsip Berau, kita optimis bisa kembali ‘menyabet’ juara. Karena di tahun lalu Berau juara II,” ungkapnya.

Sedangkan Sekretaris Dispusip Berau Ali Sadikin Adma optimistis pada tahun ini Perpustakaan Berau bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Pasalnya, mengingat sejak beberapa waktu lalu pihaknya terus melakukan pembenahan kriteria penilaian.

“Kami terus berbenah dalam melengkapi kriteria yang sudah diberikan, sehingga di tahun ini optimisitis bisa kembali mendapatkan hasil yang maksimal,” imbuhnya lagi. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com