DPK Kaltim Terima Buku Dari Mulawarman University Press

SAMARINDA – DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menerima 22 eksemplar judul buku dari penerbit Mulawarman University Press. Sumbangan buku tersebut diserahkan oleh Reni Rahayu atas nama Mulawarman University Press dan diterima langsung oleh Patimah Irny, Pustakawan Ahli Muda DPK Kaltim, di ruang kerjanya di Kantoe DPK Kaltim Jalan Ir. H. Juanda Nomor 4, Samarinda, Kamis (19/10/2023).

“Buku-buku yang diberikan ini diharapkan dapat menambah koleksi buku dari beberapa genre. Karena yang diserahkan sebanyak 22 eksemplar judul buku mayoritas ditulis oleh dosen Universitas Mulawarman,” kata Patimah Irny yang mewakili DPK Kaltim.

Dia mengaku antusias dengan penyerahan buku-buku terbitan Mulawarman University Press tersebut. Ia mengatakan, 22 buku yang diserahkan itu akan menambah koleksi buku bacaan di Perpustakaan DPK Kaltim.

“Mudah-mudahan penyerahan buku ini juga menjadi pemicu sehingga semakin banyak masyarakat dari berbagai macam latar belakang menyumbangkan buku miliknya,” harap dia.

Patimah Irny juga menegaskan bahwa, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, penyerahan buku oleh penulis dan penerbit adalah merupakan prosedur yang harus dijalankan.

Hal ini diaminkan oleh perwakilan Mulawarman University Press Reni Rahayu, SP. Dia mengatakan bahwa penyerahan buku oleh penulis dan penerbit adalah prosedur srandar Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas RI) yang harus dilaksanakan.

“Satu eksemplar diserahkan kepada pihak Perpusnas RI dan satu eksemplar diserahkan kepada perpustakaan di daerah,” ujarnya.

“Buku-buku yang kami terbitkan dan kemudian kami serahkan kepada DPK Kaltim ini sebagian besar hasil karya para akademisi Unmul. Namun penerbit juga membuka peluang untuk masyarakat umum dan bahkan sudah ada penulis dari masyarakat yang menerbitkan bukunya melalui penerbitan kami,” ungkap Reni lagi.

Atas nama penerbit, dia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada DPK Kaltim yang telah menerima sumbangan buku tersebut dengan prosedur yang mudah juga transparan. Serta dengan sambutan yang hangat, ramah dan responsif dari Pustakawan.

“Harapan kami, semoga ke depannya buku-buku yang kami terbitkan dapat selalu diterima dengan baik oleh DPK Kaltim. Dan mudah-mudahan buku-buku ini dapat membawa manfaat yang baik bagi para pembaca,” pungkas Reni. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com