Pj Gubernur Apresiasi Raimuna Daerah Kaltim 2023

SAMARINDA, ADVETORIAL – Khawatir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Raimuna Daerah Kaltim Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka Bebaya, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Senin (20/11/2023). Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar.

Pembukaan Raimuna Daerah Kaltim dilakukan dalam upacara yang dipimpin Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik. Diikuti ratusan peserta dari kabupatan/kota di Kaltim dan dihadiri Ketua Kwarda Pramuka Kaltim H Fachrudin Djaprie dan Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso.

Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kaltim, Pj Gubernur Akmal Malik menyambut baik dan mengucapkan selamat atas pelaksanaan Raimuna Daerah 2023.

“Saya apresiasi Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim yang terus melaksanakan berbagai kegiatan kepramukaan, khususnya Raimuna Daerah yang digelar mulai hari ini hingga 25 November nanti,” katanya.

Terselenggaranya Raimuna Daerah ini menurut dia, bukti solidaritas dan eksistensi Gerakan Pramuka di Kaltim tetap ada. Karena itu, dia pun menekankan untuk terus menghidupkan Gerakan Pramuka, dengan harapan mewariskan watak dan kepribadian yang berkarakter bangsa Indonesia.

“Memiliki jiwa kepemimpinan, rasa empati, kepedulian dan gotong royong para tunas muda, generasi muda bangsa,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan Pramuka juga akan terpancar rasa persaudaraan, kebersamaan dan saling menghormati, serta medan kompetisi dari berbagai lomba, mengajarkan sifat jiwa satria dan sportif.

“Semuanya akan menjadi bekal dan pengalaman yang berharga untuk mengarungi masa depan,” tegasnya.

Melalui kegiatan Raimuna Daerah ini, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini pun mengharapkan peserta dapat memanfaatkan seluruh kegiatan Raimuna Daerah yang bernilai positif untuk keterampilan diri dan menempa mental spiritual diri.

Akmal meyakini setiap kegiatan kepramukaan menjadi sarana pendidikan untuk melahirkan generasi yang cinta Pancasila, cinta Indonesia, serta menanamkan kepedulian kesetiakawanan dan kegotongroyongan.

“Jadikanlah Raimuna Daerah sebagai wadah bagi Pramuka untuk melatih diri, mengekspresikan minat dan bakat, bersosialisasi, meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri, dalam menghadapi tantangan di dalam masyarakat,” harapnya.

Sementara Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim H Fachrudin Djaprie menjelaskan Raimuna Daerah sebagai wadah pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega berisi beragam aktivitas fisik dan nonfisik guna meningkatkan keterampilan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, abdi masyarakat dan kepemimpinan yang dilakukan penuh kekeluargaan dan kegotongroyongan mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045.

Raimuna Daerah Provinsi Kaltim 2023 mengangkat tema Membangun Nusantara Bersama Pramuka Ruhui Rahayu Menuju Indonesia Emas 2045, diikuti kontingan Kwarcab Gerakan Pramuka kabupaten/kota sebanyak 583 orang, terdiri anggota Gerakan Pramuka putra 212 orang dan putri 238 orang, unsur kontingen 43 orang dan Sangga Kerja 90 orang.

Pembukaan Raimuna Daerah 2023 ditandai pemukulan gong dan penyematan tanda peserta, dengan slogan Berakat, Bersama Etam Kuat dan Hebat dilaksanakan selama tujuh hari (19-25 November), dihadiri jajaran Forkopimda Kaltim, bupati/wali kota, jajaran Mabida dan pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim, pimpinan Kwarcab Gerakan Pramuka kabupaten dan kota se-Kaltim. (ADV/IHS/DISKOMINFO.KALTIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com