Lomba RT Idaman Bentuk Evaluasi Serapan Program Rp 50 Juta/RT

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Menggelar Lomba RT Idaman tingkat Desa/Kelurahan/Kecamatan Se-Kukar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD)  Kukar Arianto, mengatakan perlombaan RT tersebut merupakan pertama kalinya diadakan. Hal ini menindak lanjuti realisasi program anggaran sebesar Rp 50 juta per rukun tetangga (RT) yang telah berjalan sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kukar sejak tahun 2022 lalu.

“Pertama kali melakukan lomba RT ini, banyak asumsi bahwa RT ini belum optimal dengan fungsi tugasnya,” kata Arianto dalam Penyerahan Hadiah di Hotel Grand Elty Tenggarong, Jumat (01/12/2023).

Kepala DPMD Kukar Arianto menyampaikan sambutan, Jumat (01/12/2023).

Arianto juga mengapresiasi kepada para RT dengan diberikan program anggaran sebesar Rp 50 juta, mampu memanfaatkan semaksimal mungkin dengan program masyarakat dan pelatihan – pelatihan bimbingan teknis (bimtek) tingkat RT. Sehingga, dalam pelaksaan lomba tersebut para RT sudah lebih mengetahui apa – apa saja yang harus dilakukan.

Lebih lanjut, Penilaian peserta lomba berdasarkan pedoman Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas DPMD Kabupaten Kukar Nomor: P-1227/DPMD/400.3.6.6/ 09/2023 yang menilai pada aspek administrasi dan kegiatan.

“Penilaian kita lakukan tidak jauh jauh dari pelatihan para RT lakukan selama ini,” ucapnya.

Arianto berharap dengan adanya perlombaan tersebut dapat memastikan program anggaran sebesar Rp 50 juta per rukun tetangga (RT) benar-benar berdampak langsung ke masyarakat dan RT itu sendiri. Pemenang lomba RT Idaman nantinya akan mendapatkan fasilitas pembinaan masyarakat serta mendapatkan uang pembinaan.

“Bantuan 50 juta ini betul-betul berdampak kepada RT secara langsung, RT yang baik berdampak ke Kelurahan, Keluharan yang baik berdampak Ke Kecamatan, Kecamatan yang baik berdampak ke Kabupaten Kutai Kartanegara yang maju,” tutup Arianto.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com