Akmal Malik Apresiasi Pentas Seni dan Pekan UMKM Penajam

PENAJAM PASER UTARA – Gelaran Pentas Seni dan Pekan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendapat apresiasi dari Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, saya mengapresiasi digelarnya event Pentas Seni dan Pekan UMKM di Kabupaten Penajam Paser Utara ini,” kata Pj Gubernur Akmal Malik dalam sambutannya di Pentas Seni dan Pekan UMKM PPU yang digelar di Halaman Kantor Bupati PPU, Jalan Provinsi Km 9 Penajam, Sabtu (2/12/2023).

Pj Gubernur hadir dalam kegiatan itu dengan didampingi Pj Bupati PPU Makmur Marbun, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo bersama anggota legislatif Karang Paci dari Daerah Pemilihan PPU Andi Harahap dan Baharuddin Muin.

“Event semacam ini sangat penting dilaksanakan selain untuk memicu gairah berusaha UMKN dan mengembangkan kreatifitas berkesenian juga sebagai mitra Ibu Kota Nusantara (IKN) kabupaten kota yang ada harus bisa mensejajarkan diri sehingga tidak terjadi sesenjangan yang terlalu lebar,” paparnya.

Dia berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU yang memproklamirkan diri sebagai Serambi Nusantara ini dapat lebih menggerakan masyarakatnya untuk terlibat aktif dan berkontribusi bagi pengembangan daerah. Sehingga bisa selaras arah pembangunannya serta sejajar dengan IKN.

“Kaltim mendapat berkah dengan adanya IKN ini dan yang paling dekat adalah Kabupaten PPU ini. Karena itu sebagai Serambi Nusantara saya mengajak masyarakat PPU untuk ikut terlibat dan berkontribusi apa saja yang dapat kita lakukan untuk memajukan daerah ini termasuk mengembangkan UMKM dan pariwisatanya,” ajaknya.

Akmal Malik juga memuji Pentas Seni dan Pekan UMKM ini merupakan upaya membangkitkan semangat berusaha para pelaku usaha di PPU.

Sementara Pj Bupati PPU Makmur Marbun menyampaikan bahwa Pekan UMKM ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap malam minggu oleh Pemkab PPU bekerjasama dengan berbagai pihak terkait.

“Omzet yang bisa diperoleh pada setiap minggunya mencapai Rp 100 juta dan ini sangat menggembirakan kita semua terutama UMKM dan sebagai sarana hiburan wisata bagi masyarakat,” kata Makmur Marbun.

Dia juga mengajak warga PPU untuk aktif mengembangkan seni budaya, pariwisata dan UMKM dengan menghasilkan produk yang berkualitas baik. “Kita semua sangat setuju bahwa UMKM adalah merupakan tulang punggung perekonomian PPU,” jelasnya.

Rangkaian acara ini dilaksanakan selain menampilkan arena pasar murah, pageralaran seni dan pertandingan olah raga basket juga menampilkan hiburan dari artis Jakarta seperti Erie Suzan, Benigno dan Salma Majid yang diiringi Nusantara Band Penajam.

Pada kesempatan sore hari sebelum pembukaan Pentas Seni dan Pekan Raya UMKM Akmal Malik menikmati olah raga paddling dan jetski di Pantai Wisata Amal Penajam. (ADV/HIM/DISKOMINFO.KALTIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com