Sunggono Kembali Diandalkan Sebagai Sekda Kukar

KUTAI KARTANEGARA – SETELAH hampir lima tahun menjabat, Sunggono dilantik dan dipercaya oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) untuk kembali menjabat sebagai Sekda (Sekretaris Daerah) Kukar. Pelantikan dilakukan di Ruang Serbaguna Kantor Bupati, Kamis (14/12/2023).

Bupati Kukar, Edi Damansyah menyampaikan, perpanjangan jabatan tersebut dilakukan berdasarkan hasil dari serangkaian tahapan yang telah dilewati, seperti evaluasi kinerja dan uji kompetensi dari para akademisi dan, pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim).

“Dengan pertimbangan penilaian evaluasi dan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP), kita percayakan Sunggono kembali menjabat Sekda,” ucap Edi Damansyah.

Edi Damansyah mengungkapkan, meski yang menjabat sebagai Sekda Kukar merupakan orang yang sama. Dirinya menginginkan adanya semangat dan pola kerja baru. Mengingat semakin banyak tantangan yang akan dihadapi oleh Pemkab Kukar kedepannya.

Salah satunya berkaitan dengan pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024, agar dalam pelaksanaannya tidak berbenturan dengan administrasi yang berpotensi menghasilkan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa).

“Saya telah menghubungi bendahara umum daerah dan menemukan bahwa berkas pencairan masih belum selesai. Meskipun kita memiliki kas yang baik, khawatir akan menimbulkan hutang di tahun depan karena implementasinya yang lamban,” tutur Edi Damansyah.

Dengan hal tersebut, bupati berpesan kepada Sekda untuk menata kembali APBD 2024, agar tidak boleh terulang apa yang terjadi di APBD tahun ini. Sebab, rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2024 sudah hampir selesai.

 

Lebih lanjut, Sunggono mengatakan, dirinya tidak mengira akan dipilih oleh Bupati, kembali menjabat sebagai Sekda Kukar. Sebab, dirinya mengikuti proses seleksi dan evaluasi JPTP sesuai tahapan. Ia juga menyatakan siap ditempatkan di mana saja karena jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) itu tidak diminta, tapi mendapat kepercayaan dari pimpinan.

Dirinya pun memastikan akan terus melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. Mempelajari situasi hingga mencari solusi pemecahan masalah yang dihadapi dalam lingkup Pemkab Kukar.

“Diinginkan adanya perubahan pola kerja dan pola pikir baru, Insya Allah saya lakukan seperti itu,” tutup Sunggono.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com