Sigit Harap Muhammadiyah Berikan Kontribusi Pada Bangsa dan Negara

PARLEMENTARIA KALTIM – ANGGOTA Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berharap, kehadiran sekolah Muhammadiyah dapat memberikan kontribusi besar di dunia pendidikan untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Hal itu disampaikan Sigit Wibowo, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen dan PNNF) di Town House Bukit Damai Indah Balikpapan, Jalan MT Hariyono, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Balikpapan, Jumat (12/01/2024).

“Inilah yang perlu Muhammadiyah lakukan, mudah-mudahan sekolah Muhammadiyah hadir memberikan kontribusi besar untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Balikpapan ini.

Sigit -sapaan akrabnya mengatakan, Muhammadiyah dikenal konsen dengan dunia pendidikan. Hal itu menurutnya, tidak lepas dari tiga tujuan didirikannya Muhammadiyah, yakni pendidikan dakwah, pengkaderan, dan pelayanan, membuat organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan ini kian eksis sampai sekarang.

“Fokus di pendidikan artinya Muhammadiyah memang melahirkan Sumber Daya Manuasia (SDM, red) yang unggul, kemudian meneruskan langkah dan dakwah Muhammadiyah dimana-mana. Apalagi dengan adanya IKN (Ibu Kota Negara, red), tentu kebutuhan SDM harus diprioritaskan dari daerah sekitar IKN,” kata politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Dia melanjutkan, pihaknya mendorong lembaga pendidikan Muhammadiyah agar bisa unggul dan berkemajuan dengan menerapkan kurikulum yang harus integrtif, kompetitif, humanis, sosial, dan antisifatif, serta fleksibel.

Dengan adanya Raker tersebut sebagai upaya Muhammadiyah menyiapkan SDM lokal yang unggul dan kompeten dalam menyambut kehadiran IKN di Kaltim, dan meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di Kaltim.

“Pendidikan harus memiliki kompentensi dasar sebagai pendidik era digitalisasi, komitmen pada ideologi persyarikatan dan memiliki nilai-nilai pemahaman ke Islaman berkemajuan,” pungkas pria berkaca mata ini.

Untuk diketahui, acara tersebut berlangsung selama tiga hari, dengan mengusung tema Mewujudkan Sekolah Muhammadiyah Unggul Berkemajuan. Kegiatan diselenggarakan Dewan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Wilayah Provinsi Kaltim. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com