Deklarasi dan Sosialisasi Pemilu 2024, Ini Harapan Subandi

PARLEMENTARIA SAMARINDA – GUNA meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, khususnya kepada pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengelar acara Deklarasi dan Sosialisasi serentak di seluruh kabupaten/kota se-Kaltim.

Deklarasi dan sosialisasi yang merupakan kerjasama antara KPU, Kejaksaan Tinggi (Kejati)Provinsi Kaltim, dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim itu mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Subandi.

“Acara ini sangat baik sekali dan bagus menambah partisipasi pemilih sendiri, himbauan khususnya kepada pemilih pemula kepada anak kita. Ini perlu dipahamkan bagaimana menentukan calon masa depan itu ada di tangan kita semua,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini kepada awak media usai menghadiri acara Deklarasi dan Sosialisasi serentak untuk pemilih pemula.

Deklarasi yang digelar di Aula Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Samarinda, Jalan PM Noor, Samarinda, Kamis (01/02/2024) Beberapa waktu lalu itu mengambil tema “Pemilih Pemula Milenial Cerdas Untuk Mewujudkan Pemilu Serentak 2024 yang Berkualitas Jenjang SMA/SMK Negeri dan Swasta”.

“Khususnya anak muda sebagai pemilih pemula yang kami minta bisa menyuarakan hak pilihnya dengan baik dan benar, karena mereka pemilih pemula perlu diberikan edukasi dan termasuk dari KPU sebagai penyelenggara harus memberikan edukasi yang benar,” papar Subandi.

Dia berharap, setelah dilakukan sosialisasi di kalangan pelajar tingkat atas ini partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 akan meningkat dibandingkan Pemilu 2019 lalu. Di mana waktu itu ada sekitar 40 persen pemilih yang tidak hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tahun ini, pihaknya optimis partisipasi pemilih mencapi angka 100 persen pemilih.

“Kami harap 2024 ini partisipasi pemilih meningkat. Jika pada pemilu sebelumnya, hampir 30-40 persen tidak memilih, namun kami harap tahun ini bisa mencapai 90-100 persen warga kita memilih,” tutup Subandi. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com