Sani: Pembangunan SDM Kunci Kemajuan Kota

PARLEMENTARIA SAMARINDA – PEMBANGUNAN Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci kemajuan dan peradaban kota. Demikian pernyataan ini ditegaskan Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Sani bin Husein.

Usai menghadiri kampanye nasional calon presiden nomor urut satu Anies Rasyid Baswedan di halaman parkir Gedung Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Jalan KH Wahid Hasim, Samarinda, Rabu (07/02/2024), Sani bin Husain kepada awak media menegaskan bahwa pembangunan sumber daya manusia harus sama prioritasnya dengan pembangunan infrasutruktur.

“Untuk pembangunan insfrastruktur, paling sepuluh tahun. Tapi pembangunan SDM, untuk jangka panjang,” ujar wakil rakyat kelahiran Bontang, 05 Agustus 1983 ini.

Sani -sapaan akrabnya, kemudian memberikan contoh negara Jepang pada perang dunia ke II. Saat itu dua kota penting di Jepang, Nagasaki dan Herosima dibom oleh pasukan sekutu sehingga banyak menimbulkan korban jiwa.

Bukan prajurit tersisa yang ditanyakan Kaisar Jepang saat itu, melainkan jumlah guru yang masih hidup. “Jepang waktu hancur lebur, yang ditanya berapa orang guru yang masih hidup,” katanya.

Hal itu menurut Sani, membuktikan bahwa Kaisar Jepang lebih mengutamakan pembangunan sumber daya manusia dalam membangkitkan kembali Jepang yang telah hancur lebur karena di bom sekutu.

“Dan hal itu terbukti, kini Jepang menjadi salah negara maju berkat SDM-nya yang unggul,” tutur Sani.

Karena itu dia menilai, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan harus menjadi prioritas utama dalam agenda pembangunan Kota Samarinda. Karena ilmu yang didapat melalui bangku pendidikan akan lebih lama manfaatna ketimbang manfaat dari sebuah gedung atau jalan.

“Membangun manusia itu lebih berharga daripada membangun gedung,” tutup Sani.

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com