Tahapan Pilkada PPU 2024 Resmi Diluncurkan

PENAJAM – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar acara peluncuran tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati PPU tahun 2024. Acara ini digelar di Halaman Stadion Panglima Sentik, Kilometer 08 Nipah-nipah, Penajam, Selasa (14/05/24) malam.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati PPU menyampaikan terima kasih atas partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten PPU pada saat Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang telah dilaksanakan bulan Februari lalu.

“PPU termasuk salah satu kabupaten yang tidak melakukan pemilihan suara ulang, tingkat partisipasi hampir 86 persen sehingga masuk menjadi salah satu yang terbaik di Provinsi Kaltim,” terang Makmur.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati menurutnya, merupakan salah satu momen penting bagaimana kehidupan demokrasi di Indonesia khususnya di kabupaten PPU. Pada pemilihan kali ini, akan ada 415 bupati dan wakil bupati, serta 93 walikota dan wakil walikota seluruh Indonesia yang akan dipilih.

“Melalui pemilihan ini masyarakat memiliki kesempatan memilih dengan hati nurani dan dengan bijaksana. Pada kesempatan ini saya juga mengajak masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif dalam pelaksanaan pemilihan ini,” jelasnya.

Dalam hal ini pula sambung dia, Pemkab PPU akan selalu berkomitmen untuk menyelenggarakan pemilihan yang bersih, sehat dan berintegritas. Dengan cara bekerja sama dengan KPU dan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa pemilihan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan terhindar dari praktik-praktik yang tidak sehat.

“Mari kita jadikan proses ini sebagai ajang silahturahmi, saling menghargai perbedaan dan memupuk rasa kebersamaan. Ayo datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 27 November mendatang untuk mensukseskan Pilkada 2024 di Kabupaten PPU,” tutupnya.

Peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini sekaligus menjadi momen launching Maskot Pilkada PPU 2024, yaitu Cila dan Cilo. Maskot berbentuk rusa yang menggunakan baju daerah Betokom yang menjadi ikon khas dari Kabupaten PPU.

Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan artis ibu kota, Happy Asmara yang sukses menghibur ribuan masyarakat PPU.

Dalam acara yang bertajuk Gebyar Pesta Rakyat bersama KPU dalam rangka peluncuran tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati PPU tahun 2024 ini juga dihadiri Ketua DPRD PPU Syahruddin M Noor, Wakil Ketua dan Anggota DPRD, unsur Forkopimda Kabupaten PPU, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan para pimpinan bank, perusahaan daerah dan swasta, serta para pengusaha dan pelaku UMKM di Kabupaten PPU. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com