Makmur Marbun Serahkan BLT PPKE dan BLT Kemiskinan Daerah

PENAJAM – SEBANYAK 424 jiwa warga Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ektrem (PPKE) tahun 2024 yang digulirkan Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Sementara 422 keluarga menerima BLT kemiskinan daerah melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten PPU. Mereka berasal dari usulan pemerintah desa dan kelurahan sebagai perluasan bagi keluarga miskin yang belum mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

Penyerahan BLT sebagai bagian dari pelaksanaan Instruksi Presiden Republik Indonesia tentang PPKE itu, dilakukan langsung secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU. Acara penyerahan dilaksanakan di Kantor Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim-Kaltara (Kaltimtara) Cabang Penajam, Senin (20/5/2024) pagi.

“Melalui BLT ini sebagai salah satu strategi kebijakan pengurangan beban pengeluaran masyarakat. Diharapkan warga Kabupaten PPU yang ditetapkan sebagai warga miskin dan atau miskin ekstrem bisa terpenuhi kebutuhan pokoknya dan bisa lebih fokus untuk meningkatkan taraf hidup, sehingga bisa terbebas dari kemiskinan ekstrem,” kata Makmur Marbun dalam sambutannya.

 

Lebih lanjut dia juga mengatakan, pemerintah daerah memang harus selalu aktif dan sigap atas perubahan kondisi ekonomi dan sosial masyrakat nya.

Perangkat daerah juga harus bersinergi melalui tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah agar tepat sasaran dalam melaksanakan program dan kegiatan dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di kabupaten PPU.

“Kerjasama dan semangat kebersamaan kita hari ini adalah kunci keberhasilan langkah-langkah kita ke depan. Mari kita rancang masa depan yang gemilang bagi Penajam Paser Utara yang lebih baik lagi,” tutupnya. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com