Ilustrasi kapal tenggelam. Sumber: Liputan 6

Kapal Migran Terbalik di Lepas Pantai Yaman, 13 Tewas dan 14 Hilang

SANAA – Sebuah kapal migran terbalik dan tenggelam di lepas pantai Yaman pada Selasa (20/08/2024). Akibatnya, 13 orang tewas dan 14 lainnya hilang. Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) pada Minggu (25/08/2024), insiden tersebut menjadi bencana terbaru di rute migrasi berbahaya itu.

“Tiga belas orang meninggal secara tragis dan 14 lainnya masih hilang setelah sebuah kapal migran terbalik di lepas pantai Provinsi Taez, Yaman, pada hari Selasa,” kata IOM, dikutip dari AFP. Dijelaskan bahwa kapal itu berangkat dari Djibouti membawa 25 migran Ethiopia dan dua warga negara Yaman.

Sebelas pria dan dua wanita termasuk di antara mereka yang, sementara operasi pencarian terus dilakukan untuk menemukan orang-orang yang hilang, termasuk kapten Yaman dan asistennya. Disebutkan bahwa penyebab kapal karam itu masih belum diketahui.

“Tragedi terbaru ini menjadi pengingat nyata akan bahaya yang dihadapi para migran di rute ini,” kata Matt Huber, penjabat kepala misi IOM di Yaman. Diketahui bahwa puluhan ribu migran berangkat setiap tahun dari Tanduk Afrika dan berusaha melarikan diri dari konflik, bencana alam, atau prospek ekonomi yang buruk.

Mereka berlayar menyeberangi Laut Merah dalam upaya untuk mencapai Teluk yang kaya minyak tersebut. Bangkai kapal terbaru ini menyusul insiden serupa di lepas pantai Yaman pada Juni dan Juli yang menewaskan puluhan orang.

Para migran yang berhasil mencapai Yaman sering menghadapi ancaman lebih lanjut terhadap keselamatan mereka. Sebab, negara termiskin di Jazirah Arab tersebut telah terperosok dalam perang saudara selama hampir satu dekade. Banyak yang mencoba mencapai Arab Saudi dan negara-negara Teluk Arab lainnya di mana mereka dapat memperoleh pekerjaan sebagai buruh atau pekerja rumah tangga. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com