korankaltara.com

Kalimantan Utara Promosikan Produk Unggulan di China-Asean Expo 2024

TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop), berpartisipasi dalam China-Asean Expo (CAEXPO) 2024 di Nanning, Guangxi, RRT pada tanggal 24 – 28 September lalu.

Kepala Disperindagkop Kaltara, Hasriyani menjelaskan, CAEXPO merupakan event pameran hasil kesepakatan KTT China-Asean ke-7 yang diikuti oleh 10 negara asean beserta negara mitra. CAEXPO disebut menjadi salah satu event pameran terbesar yang diadakan di Tiongkok dengan menghadirkan lebih dari 300 ribu pengunjung dan USD566 MILIAR transaksi pada tahun 2023. “Event ini menyediakan berbagai mekanisme kerjasama perdagangan dan investasi konkret yang dapat diakses setiap negara peserta,” kata Hasriyani, Rabu (2/10/24).

Pemprov melalui instansinya, melihat hal tersebut sebagai peluang dalam rangka memperluas akses pemasaran produk-produk unggulan Kaltara ke pasar global, khususnya negara Tiongkok. Dalam keikutsertaan pada CAEXPO tahun 2024, Disperindagkop juga memfasilitasi UKM unggulan dari Kota Tarakan yaitu Marco Handmade dan D’Baloy, serta Perusahaan Rumput Laut PT. Seaweed Jaya Indonesia. “Tentunya UKM serta Perusahaan yang dipilih melalui hasil kurasi dengan mempertimbangkan aspek legalitas yang memadai dan produk yang sudah standar dengan pasar luar negeri,” paparnya. Hasriyani mengungkapkan, Booth Pemprov Kaltara menarik perhatian pengunjung yang hadir selama lima hari pelaksanaan pameran. Produk-produk yang dihadirkan seperti bandeng presto, cemilan dari olahan perikanan, serta kerajinan dan anyaman khas Kaltara, ramai diminati pengunjung.  “Hal ini tentunya berdampak positif bagi UKM-UKM di Kaltara, karena selain dapat menjual produk yang mereka bawa, juga dapat memperkenalkan serta mempromosikan produk-produk unggulan Kaltara ke Negara Tiongkok,” jelasnya.

Sementara itu, untuk perusahaan rumput laut yang hadir, juga difasilitasi untuk mengikuti forum bisnis B2B dengan calon buyer potensial melalui event China-Asean Business Summit (CABIS) yang diadakan dalam rangkaian pelaksanaan CAEXPO. Dengan berpartisipasinya Kaltara pada event CAEXPO 2024, diharapkan dapat menjadi media efektif bagi pemerintah dalam mempromosikan serta mengembangkan potensi komoditi produk-produk unggulan Kaltara ke pasar internasional.  “Semoga kedepannya Disperindagkop Kaltara dapat terus berpartisipasi baik melalui CAEXPO atau event serupa juga dapat memfasilitasi UKM-UKM potensial dan produk-produk unggulan di Kalimantan Utara,” pungkasnya. []Redaksi09

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com