bolaskor.merahputih.com

Persiapan Timnas Indonesia U-17 Terhambat: Latihan Tak Bisa Optimal Sebelum Kualifikasi Piala Asia

JAKARTA – Timnas Indonesia U-17 tak bisa menjalani latihan resmi terakhir dengan lancar jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 lantaran keberadaan timnas Kuwait U-15. Pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto mengatakan saat timnya hendak melakukan latihan taktik, di saat yang bersamaan ada tim Kuwait U-15 juga sedang tengah berlatih di lapangan yang lokasinya bersebelahan. “Yang pasti kalau menurut saya enggak masuk akal ya, karena sekali lagi kita Tim Nasional kita lagi latihan dan waktunya official training,” kata Nova dalam keterangan resmi, Rabu (23/10/24). “Walaupun di sebelah adalah [timnas] Kuwait kelahiran 2009 saya pikir kalau ada tim nasional [negara lain] sedang melakukan latihan official training yang fokus ke tactical seharusnya tidak ada tim bersebelahan dengan lapangan latihan kami, tapi itu terjadi hari ini,” ia menambahkan.

Hal ini memaksa Timnas Indonesia U-17 tidak melakukan latihan taktikal. Alhasil, Nova mau tak mau menjalankan pertandingan lawan Kuwait U-17 pada Rabu (23/10) malam WIB dengan persiapan yang tidak maksimal. Padahal menurut Nova, pihaknya sudah menyiapkan beberapa skema dalam pertandingan. Nova menyebut situasi ini sangat mengecewakan bagi tim Merah Putih karena pihaknya hanya bisa menjalankan latihan tanpa spesifik mengasah taktik. “Dan akhirnya kami tidak bisa melakukan tactical, rencana apa yang kita buat, termasuk set piece karena di sebelah ada tim Kuwait kelahiran 2009 dan itu menurut saya cukup merugikan bagi saya pribadi sebagai pelatih tapi saya minta pemain jangan terpengaruh situasi ini menjadi sebenarnya harusnya tidak bisa terjadi,” ucap Nova. “Ya mau enggak mau kami mengubah secara yang seharusnya kita masuk ke latihan tactical kita ubah dengan bagaimana secara menjaga intensitas latihan aja agar pemain bisa bugar besok dan itu jadi fokus saya,” ujar dia.

Kendati demikian, Nova tetap optimistis Timnas Indonesia U-17 bisa menjalankan pertandingan dengan baik. Pasalnya laga pembuka akan turut menentukan nasib Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. “Saya minta pemain tetap fokus dan konsentrasi dengan apa pun yang terjadi dirugikan oleh tim kita saya pikir itu tidak menjadi alasan buat kita,” ucapnya.

Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi Kuwait U-17 di Stadion Abdullah Alkhalifa Alsabah, Mishref, Kuwait, pada laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Tim Garuda Muda berada di Grup G bersama tuan rumah Kuwait, AUstralia, dan Kepulauan Mariana Utara. []

Redaksi09

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com