Kobar Expo 2024: Peringatan HUT Kotawaringin Barat ke-65 di Stadion Sampuraga

SAMPIT – Rangkaian peringatan HUT Kotawaringin Barat ke-65 terus berlanjut. Salah satunya Kobar Expo yang akan diselenggarakan tanggal 26 Oktober – 2 November 2024 di Lapangan Sampuraga, Jalan Sutan Syahrir. Kabid Perdagangan, Dinas Perindagkop UKM Kobar, Muhammad Suhendra mengatakan, sejak Selasa (22/10/24) proses pemasangan tenda sudah dilakukan. “Dan pada hari ini sudah ada stand yang bisa didekorasi. Kobar Expo kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya,” ujar Suhendra, Rabu (23/10/24).

Dari sisi tempat, biasanya dilaksanakan di Pangkalan Bun Park. Namun lokasi tersebut kini sedang ada proyek pembangunan dari Dinas PUPR. Sehingga ditentukan lokasinya di Stadion Sampuraga. Menurut Suhendra, di lokasi ini tidak bisa mengakomodir banyak stand atau lapak UMKM karena kondisi tempat terbatas. Namun ia berharap pelaksanaan Kobar Expo akan berjalan dengan lancar dan sukses. “Kami mengajak seluruh masyarakat untuk meramaikan dan mensukseskan even tahunan ini (Kobar Expo) karena akan ada stand-stand yang menghadirkan produk-produk lokal, ekonomi kreatif pelaku UMKM,” katanya. Ia menyebutkan untuk stand, masing-masing SOPD diberi satu tempat, namun jika ingin menambah tempat harus membayar.

Sesuai instruksi Penjabat Bupati Kobar, SOPD yang diutamakan adalah Stand SOPD yang mempunyai pelayanan secara langsung. “Misalnya, Disdukcapil, RSUD, Dinas yang membidangi Perizinan, Pelayanan Pajak dan lainnya,” lanjutnya. Pada kesempatan ini, Dinas Perindagkop UKM juga meminta maaf bahwa tidak bisa mengakomodir para UMKM yang jumlahnya cukup banyak di Kobar. “Misalnya, Disdukcapil, RSUD, Dinas yang membidangi Perizinan, Pelayanan Pajak dan lainnya,” lanjutnya. Pada kesempatan ini, Dinas Perindagkop UKM juga meminta maaf bahwa tidak bisa mengakomodir para UMKM yang jumlahnya cukup banyak di Kobar. Sehingga produk-produk dari masing-masing Kecamatan bisa melalui koordinasi pihak Kecamatan sebagai perwakilan. Ia juga meminta maaf kali ini tidak bisa mengakomodir Pedagang Kaki Lima (PKL) karena lokasi yang terbatas.

Tetapi harapannya Kobar Expo kali ini tidak mengurangi semangat dalam memeriahkan rangkaian HUT Kobar ke 65. Pada gelaran Kobar Expo kali ini, pihaknya menggandeng Even Organizer yang telah melalui proses sesuai aturan. Harapannya bisa berjalan sukses dan lancar. Kemudian pada momen politik saat ini, ia berpesan agar semua pihak sama-sama menjaga dan tidak ada gambar Paslon yang di pasang sehingga berpotensi menimbulkan persoalan. “Kami mengajak mari kita sukseskan Kobar Expo, harapan kami melalui kegiatan ini beragam manfaat bisa dirasakan, mulai dari pameran produk lokal, ekonomi kreatif, UMKM, hiburan bisa dinikmati masyarakat,” pungkasnya. []

Redaksi09

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com