DPRD Support Relokasi Pelabuhan Yos Sudarso

PARLEMENTARIA KOTA SAMARINDA – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melakukan relokasi pelabuhan angkutan penumpang yang lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota ke lokasi baru di Pelabuhan Peti Kemas di Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran, mendapatkan support dari wakil rakyat.

Angkasa Jaya Djoerani

Ketua Komisi III Angkasa Jaya Djoerani mengungkapkan dukungannya terhadap rencana pemindahan tersebut karena kondisinya saat ini sudah tidak layak dan menjadi salah satu sumber kesemerawutan kota. Relokasi nantinya akan dapat mengurangi kemacetan dan dapat meningkatkan nilai estetika di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ini.

“Tahun ini rencana itu memasuki tahap penentuan pemrakarsa. Dapat dilihat, Pelabuhan yang ada itu sekarang sudah tidak layak. Di samping sudah lama, sudah tidak lagi pantas ada di situ karena dapat mengganggu ketertiban lalulintas,” papar anggota legislatif yang akrab disapa Angkasa ini kepada awak media, Kamis (26/02/23).

Sayangnya, kepastian realisasi pemindahan operasional pelabuhan tersebut belum ada titik terang, karena terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. “Sampai hari ini belum dipindahkan karena ada beberapa syarat yang belum dipenuhi Pelindo (PT Pelayaran Indonesia, red),” ungkap politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

Akhir kata ia menuturkan, pemindahan pelabuhan Samarinda itu sangat penting dalam rangka optimalisasi operasional pelabuhan Palaran dan juga sebagai tempat sandar kapal-kapal penumpang. “Kita tentu mendukung agar nanti kota ini bisa terbangun dengan baik. Jangan sampai ada pembangunan yang tidak berfungsi secara optimal,” pungkas Angkasa. []

Penulis: Fajar Hidayat | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com