Pemcam KBD Lakukan Jemput Bola Layanan Adminduk

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kecamatan Kota Bangun Darat (KBD) targetkan layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) baik itu perekaman Elektronik Kartu Identitas Penduduk (E-KTP) maupun perubahan data bagi masyarakat, mencapai 50 persen di akhir tahun 2023. Percepatan tersebut telah dilakukan dengan cara layanan jemput bola.

Hal ini diungkapkan Camat Kota Bangun Darat Julkifli saat di konfirmasi Rabu (18/10/2023). Ia mengatakan bahwa untuk perekaman E-KTP di Kota Bangun (Koba) Darat sudah dilakukan, dengan kerja sama dan berkoordinasi dengan Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar).

Kerja sama itu sudah dilakukan dengan sistem jemput bola yang ada di programnya Disdukcapil Kukar dan program Kecamatan yakni Paling Mantap Koba Darat

“Kami telah melakukan beberapa kegiatan yang ada di Kecamatan Kota Bangun Darat ini untuk proses administrasi kependudukan yang pertama ada di Desa Kota Bangun I itu beberapa waktu lalu sudah dilakukan. Kemudian disusul Kota Bangun II dan Kota Bangun III,” sebutnya.

Total ada 10 desa yang berada di Kecamatan Kota Bangun Darat dan ini terus dikejar untuk pengurusan administrasi kependudukan. Jemput bola ini merupakan upaya percepatan Pemerintah terkait dengan administrasi kependudukan yang ada di Kecamatan Kota Bangun Darat.

“Harapan kami percepatan ini hampir 50 persen sampai bulan Desember nanti, dan saat ini sudah ada 4 desa yang sudah melakukan perbaikan administrasi kependudukan itu baru 30 persen. Dan di Desember ini, layanan jemput bola ini di 10 desa bisa terealisasi,” harap Julkifli.

Ditambahkan Julkifli, terkait pembangunan kantor kecamatan itu dari proses perencanaan secara Engineering Design (DED)-nya sudah ada perencanaan itu, blok line juga sudah ada seperti denah kantor camat, kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Untuk perencanaan pembangunan akan dilaksanakan di anggaran murni 2024 sudah ada pembangunan kantor Camat Kota Bangun Darat. Untuk luas lahan secara keseluruhan kurang lebih 10 hektare yang akan dibangun kantor camat dan kantor lainnya seperti UPT Puskesmas.

“Sementara ini seluruh layanan Kecamatan berada di Desa Kedang Ipil sebagai ibu kota kecamatan dengan meminjam kantor desa sebagai kantor camat nya. Dan nantinya pembangunan kantor yang baru terletak kurang lebih 3 KM dari Desa Kedang Ipil,” pungkasnya.

Penulis : Tusiman | Penyunting : Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com