Matangkan Raperda, Pansus Trantibumlinmas Kunker ke Bontang

PARLEMENTARIA KALTIM – DALAM rangka mematangkan penyusunan dan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban umum serta Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas), Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Bontang.

Dipimpin Ketua Pansus Raperda Trantibumlinmas DPRD Kaltim Harun Al Rasyid, Pansus Trantibumlinmas menyambangi Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bontang, Kamis (19/10/2023). Rombongan disambut langsung oleh Kepala Satpol PP Kota Bontang Ahmad Yani.

Dalam kunjungan tersebut, Harun Al Rasyid didampingi Kepala Satpol PP Provinsi Kaltim Arih Frananta Fillifus Sembiring dan anggota Pansus Raperda Trantibumlinmas DPRD Kaltim Kaharuddin Jafar serta staf ahli Pansus.

Adapun maksud dan tujuan dari Kunker tersebut adalah dalam rangka uji petik penerapan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat yang telah dilakukan oleh Satpol PP Kota Bontang

Dalam pertemuan yang digelar di ruang rapat Kantor Satpol PP Bontang itu, Ketua Pansus Raperda Trantibumlinmas DPRD Kaltim Harun Al Rasyid mengatakan bahwa Kota Bontang dipilih dalam Kunker karena pemerintah setempat, khususnya Satpol PP sudah luar biasa dalam menerapkan Peraturan Daerah (Perda). Selain itu, juga memiliki terobosan yang banyak.

“Pendekatan sosiologis mutualnya yang luar biasa, tidak selalu dengan pendekatan fisik atau kekerasan tetapi dengan ngopi bareng bisa selesai,” ujarnya.

Harun menilai langkah yang dilakukan Satpol Kota Bontang dalam menjalankan peraturan pemerintah dan melakukan penertiban di wilayahnya sangat humanis.

“Ini humanis, ada nilai-nilai Ketuhanan. Bagaimana kita menegakkan peraturan dengan tetap menjaga unsur persatuan dan kepentingan masyarakat,” tambah anggota dewan dari Partai Keadilan Sejahtra (PKS) ini. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com