Kaltim Siapkan Dokter Spesialis Mengabdi di IKN

PENAJAM PASER UTARA – PROVINIS Kalimantan Timur (Kaltim) siap mendukung pembangunan rumah sakit di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan menyiapkan tenaga dokter spesialis melalui program beasiswa dari pemerintah daerah untuk putra putri terbaik.

“Dengan program beasiswa yang selama ini sudah diberikan kepada para dokter mereka bisa mengabdi di rumah sakit yang ada di IKN nanti,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik saat mendampingi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di IKN, Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu (20/12/2023).

Dia mengatakan pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat Nusantara (RSUPN) oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Kesehatan di IKN yang dilakukan ground breaking oleh Presiden menyusul pembangunan tiga rumah sakit swasta yang sudah lebih dahulu dilaksanakan harus disikapi oleh Pemprov Kaltim dengan upaya menyiapkan tenaga kesehatan yang andal.

Saat ini Pemprov Kaltim banyak menyekolahkan dokter di Kaltim untuk menjadi dokter spesialis.
“Tadi Menkes (Menteri Kesehatan) Budi Gunadi Sadikin bilang sedang mencari dokter spesialis yang mau ditugaskan ke IKN. Dan kita saat ini sedang mendidik para dokter untuk menjadi spesialis. Saya harap dengan ini dokter spesialis di IKN berasal dari Kaltim juga,” harap Akmal Malik.

Sebelumnya Menkes meminta kepada Kementerian Pekerjaan Umum untuk juga membangun dan menyiapkan sarana dan maupun prasarana untuk dokter dan dokter spesialis yang bertugas di IKN.
Pembangunan RSUP Nusantara ini bakal menggunakan anggaran sebesar Rp 550 milyar lebih. Merupakan rumah sakit tipe A berkapasitas 250 kamar perawatan dengan spesialisasi pada penyakit jantung dan stroke. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com