Samsun Harap Reboisasi di IKN Picu Wilayah Kaltim yang Lain

PARLEMENTARIA KALTIM – WAKIL Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun berharap kegiatan penanaman pohon menjadi pemicu bukan hanya di Ibu Kota Negara (IKN), akan tetapi pada seluruh wilayah Kaltim.

Hal itu disampaikan Muhammad Samsun usai menghadiri acara penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia tahun 2024 di lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Minggu (14/01/2024).

“Bukan hanya di sini saja, akan tetapi di seluruh wilayah Kaltim untuk dilakukan reboisasi terhadap tanaman endemik Kaltim,” ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) ini.

Diungkapkan Samsun -sapaan akrabnya, dalam acara penanaman pohon ini bibit-bibit yang ditanam merupakan tanaman khas Kalimantan yang diperkirakan dapat tumbuh subur karena ditanam di daerah asalnya.

“Tanaman produktif dan buah seperti lai, durian, kemudian tanaman khas Kalimantan ada ulin, ada bengkirai, dan lain sebagainya di samping tanaman industri yang ada di wilayah sini,”ungkap Samsun.

Dalam kesempatan itu Samsun berpesan, agar semua pihak dapat menjaga dan menghijaukan kembali wilayah Kaltim dan juga kawasan IKN yang menjadi sentra Indonesia ke depannya sehingga tujuan menjadi forest city dapat tercapai.

“Sesuai dengan perencanaan otorita dan perencanaan IKN, di sini akan dibangun IKN dengan konsep forest city sehingga ini harus kita kembalikan lahan kita menjadi hijau kembali,” pesannya.

Dalam acara penanaman tersebut juga turut hadir Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sekretaris Daerah Kaltim, Penjabat (Pj) Bupati PPU, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaltim, jajaran penegakan hukum lingkungan hidup dan Kehutanan (Gakkum), dan perangkat daerah terkait. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com