Pemkab Bengkayang Gelar FGB Penguatan Statistik Sektoral

BENGKAYANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkayang laksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Statistik Sektoral dan Penyusunan Kab. dalam Angka Tahun 2024 di Lala Golden Bengkayang, Senin (19/02/2024) Beberapa waktu lalu.

Kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Bengkayang, Yustinianus. Dikatakannya, bahwa Badan Pusat Statistik sebagai pengampu dalam menghasilkan Data Statistik Dasar yang bertujuan untuk keperluan luas, baik Pemerintahan maupun masyarakat.

Adapun para lembaga daerah seperti Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) bertanggung jawab dalam menghasilkan Data Statistik Sektoral, dimana pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas Pemerintah dan tugas pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi pemerintah yang bersangkutan.

“Dengan meningkatnya akan kebutuhan data, tentulah data yang digunakan harus data yang dapat diukur secara objektif dan dapat dibandingkan antar daerah. Untuk itu, data yang digunakan dalam penyusunan indikator pembangunan sudah seharusnya memenuhi prinsip Satu Data Indonesia,” kata Yustinianus.

Sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia, serta Peraturan Bupati Bengkayang Nomor 39 Tahun 2022 Tentang Satu Data Kab. Bengkayang di mana Data Harus Sesuai Dengan:

1. Standar Data yaitu data memiliki konsep definisi, klasifikasi ukuran dan satuan yang jelas;

2. Memiliki Metadata yaitu informasi dalam bentuk struktur dan format yang baku untuk menggambarkan data menjelaskan data serta memudahkan pencarian penggunaan dan pengelolaan informasi data;

3. Interoperabilitas yaitu kemampuan data untuk dibagi pakaikan antar sistem elektronik yang saling berinteraksi;

4. Merujuk pada suatu kode referensi yaitu tanda yang menggambarkan makna maksud atau norma tertentu sebagai rujukan identitas data yang bersifat unik.

Hadir dalam kegiatan ini Para Kepala OPD Kab. Bengkayang, Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Bengkayang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bengkayang, Serta Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Daerah (Perumdam) Tirta Bengkayang. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com