Dishub Mahulu Mulai Perbaikan Pelabuhan yang Rusak di Long Bagun

MAHAKAM ULU – Banjir besar yang melanda Mahakam Ulu (Mahulu) pada Mei 2024 lalu masih menyisakan kerusakan dibeberapa tempat, diantaranya di pelabuhan yang berada di Kecamatan Long Bagun (Loba). Di kecamatan tersebut, ada empat pelabuhan yang rusak dan perlu penanganan dengan biaya yang tak sedikit.

Empat pelabuhan itu masing-masing berada di Kampung Ujoh Bilang, Kampung Long Melaham, Kampung Batoq Kelo dan Kampung Batu Majang.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Jalan Dinas Perhubungan Mahulu Papilus Panyu menjelaskan, perbaikan pelabuhan ini penting dilakukan agar aktivitas warga di empat pelabuhan ini tak terganggu. Apalagi kerusakan pada empat pelabuhan ini memang terjadi karena banjir yang melanda Mahulu pada Mei lalu hampir selama satu pekan.

“Posisinya rata-rata lepas (hanyut) semua. Jadi kami lakukan penanganan setelah pasca banjir yaitu tarik kembali dermaga-dermaga ini ke posisi semula,” ujar Papilus kepada Media Selasa (16/07/2024) hari ini.

Dari upaya yang sudah dilakukan Dishub Mahulu, saat ini ke empat pelabuhan itu sudah dalam perbaikan dan sudah dikembalikan ke posisi semula di masing-masing kampung.

Renovasi yang dilakukan Dishub Mahulu berupa renovasi ringan saja, yang berarti menyesuaikan kondisi kerusakan pelabuhan masing-masing. “Atapnya rusak, wc nya rusak, dan bahkan fasilitas lain di dalam dermaga itu juga rusak akibat dampak dari banjir ini kemarin,” sebutnya lagi.

Selain itu, perbaikan juga akan dilakukan pada lantai pelabuhan yang bermaterial kayu itu pun nantinya akan ikut diganti. Untuk kecamatan lainnya, hanya di Kecamatan Loba saja yang pelabuhan-pelabuhannya mengalami kerusakan cukup parah dan perlu perbaikan.

“Kalau mecamatan lain itu tidak masalah, cuma di Mamahak Teboq aja yang ada kerusakan di dasar pelabuhannya dan sedang dalam penganggaran kita di APBD perubahan ini,” jelas Papilus.

Sumber anggaran perbaikan didapatkan Dishub Mahulu dari APBD murni tahun 2024. “Untuk total keseluruhan itu kurang lebih Rp300 Juta yang terbagi dalam empat unit pelabuhan yang rusak, khusus di Long Bagun yang mengalami kerusakan,” ucapnya.

Pelayanan di empat pelabuhan ini tetap berjalan normal seperti hari-hari sebelumnya. Bahkan aktivitas bongkar muat barang serta penumpang di empat pelabuhan ini juga tetap berjalan dengan baik dan perbaikan empat pelabuhan ini ditargetkan rampung awal Agustus bulan depan. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com