Polresta Samarinda Gelar Pengamanan Maksimal untuk Pilkada Serentak 2024

SAMARINDA – KEPOLISIAN Resor Kota (Polresta) Samarinda telah menyiapkan strategi pengamanan yang menyeluruh untuk Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Persiapan ini disampaikan dalam rapat koordinasi yang dihadiri Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli, melalui Kabag OPS Polresta Samarinda Kompol Supriyadi.

Kompol Supriyadi dalam pertemuan tersebut mengungkapkan, pengamanan akan dimulai dengan apel gelar pasukan pada 24 Agustus 2024.

“Apel ini merupakan bagian dari Operasi Mata Praja Makam 2024 untuk memastikan seluruh tahapan Pilkada berjalan dengan aman dan tertib,” jelas Supriyadi, saat diwawancarai media ini usai kegiatan Rapat Koordinasi Penerimaan Bakal Calon Walikota dan Wakil Wali Kota Samarinda dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang telah dilaksanakan KPU Samarinda di Ballroom Hotel Harris Samarinda, Kamis (22/8/2024).

Dia menegaskan, pengamanan khusus akan difokuskan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan KPU Kota Samarinda mulai 26 Agustus 2024.

“Kami akan mendirikan pos pengamanan di sekitar Kantor KPU dan menempatkan personel untuk memantau pendaftaran calon walikota dan wakil walikota,” tambahnya.

Pada tahap pendaftaran calon yang berlangsung dari 27 hingga 29 Agustus 2024, Polresta Samarinda akan mengerahkan sekitar 230 personil kepolisian, yang didukung TNI dan Dinas Perhubungan Kota Samarinda.

“Kami berkomitmen untuk memastikan proses pendaftaran calon berlangsung dengan lancar dan aman,” ujar Supriyadi.

 

Kompol Supriyadi mengatakan, Kapolresta Samarinda juga mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam mendukung pengamanan Pilkada Serentak. “Peran serta masyarakat sangat penting untuk memastikan keamanan dan kelancaran pemilihan,” tegasnya.

“Dengan persiapan yang matang dan kerjasama yang solid antara berbagai instansi, Polresta Samarinda yakin bahwa Pilkada Serentak akan berlangsung sukses dan tanpa kendala,” tutup Kabag OPS Polresta Samarinda Kompol Supriyadi. []

Penulis: Andi Isnar | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com