Abdul Qayyim Ungkap, Materi Debat Disiapkan Tim Perumus

SAMARINDA – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tengah proses persiapan debat kandidat yang akan dilaksanakan tiga kali. Rencananya debat tersebut dilaksanakan di pertengahan Oktober, awal November dan pertengahan November. Saat ini, materi debat tengah disiapkan oleh tim perumus.

Demikian diungkapkan Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kaltim  Abdul Qayyim Rasyid kepada awak media usai menghadiri acara Dialog Ngobrol Pilkada Kaltim di Teras Samarinda, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Jumat (04/10/2024).

“Debat rencananya kami laksanakan tiga kali, satu di Kaltim, dan dua kali di luar Kaltim. Tadi kami sudah rapat dengan tim perumus, nanti tim ini yang akan menentukan tema debat. Debat pertama temanya apa? Debat kedua temanya apa? Dan debat ketiga nanti temanya apa,” jelas mantan Ketua KPU Paser ini.

Abdul Qayyim juga mengungkapkan, tim perumus berjumlah lima orang. Terdiri dari unsur akademisi, profesional dan juga tokoh agama serta tokoh masyarakat. Tim perumus inilah yang akan menyiapkan bahan materi berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kaltim yang terbagi tiga sesi di setiap gelaran debat, dan kemudian akan dipakai sebagai bahan para panelis memberika pertanyaan kepada paslon.

“Tim perumus ditunjuk dari akademisi, tokoh masyarakat dan profesional, kami cuma menyampaikan juknis dan visi misi paslon, nanti tim perumus itu yang akan memecah menjadi tiga sesi dan dikorelasikan dengan RPJPD. Nanti tim perumus yang akan klasifikasikan pertanyaan-pertanyaan debat,” tutup Qayyim. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com