Siap Awasi Pilkada 2024, Panwascam Tenggarong Seberang Lantik 18 PKD

TENGGARONG SEBERANG – TAHAPAN penyelanggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak pada November 2024 mendatang untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Timur (Kaltim) dan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) Kutai Kartanegara (Kukar), telah berjalan.

Seiring itu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kukar juga mempersiapkan diri guna memantau sekaligus mengawasi jalannya Pilkada 2024. Salah satunya adalah menggelar pelantikan 18 Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) di Waroeng Artomoro Restu, Jalan Raya Teluk Dalam, Desa Manunggal Jaya, Tenggarong Seberang, Minggu (02/06/2024).

Selain menggelar pelantikan PKD, Ketua Panwascam Tenggarong Seberang Mabrur Aji Furqon menuturkan, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan tambahan di Sekretariat Panwascam yang berlokasi di Desa Manunggal Jaya, Tenggarong Seberang.

“Tadi kami sudah melantik 18 PKD sesuai dengan domisili desa masing-masing. Kami berharap rekan-rekan PKD memiliki integritas sebagai pengawas pemilihan. Selain itu, para anggota juga harus menjunjung tinggi kode etik dan marwah Badan Pengawas Pemilihan Umum selama penugasan,” jelas Mabrur Aji Furqon.

 

Aji menekankan, menjadi anggota PKD dituntut untuk memahami tugas, wewenang, dan kewajibannya yang telah diatur dalam Undang-undang untuk mewujudkan Pilgub Kaltim dan Pilbup Kukar 2024 yang berkualitas.

”Untuk itu demi mewujudkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 yang berkualitas, peran Panwaslu di tingkat kelurahan/desa sangatlah penting,” imbuhnya.

“Saudara-saudari yang telah mengemban tugas sebagai Panwaslu Kelurahan/Desa memiliki tugas untuk mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kelurahan/desa, mulai dari pembentukan penyelenggara pemilihan di tingkat bawah, pendaftaran dan verifikasi pemilih, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, hingga penetapan hasil pemilihan,” terangnya lagi. []

Penulis: Achmad Al Miftah | Penyunting: Agus P Sarjono

Daftar PKD se-Kecamatan Tenggarong Seberang yang Telah Dilantik

1. Bagus Arohman SP, Desa Loa Lepu
2. Reni Yuliandari, Desa Loa Ulung
3. Zedy Wahyudinata, Desa Loa Raya
4. Siti Nur Sangadah, Desa Suka Maju
5. Ulfam Sotul Hafifah, Desa Manunggal Jaya
6. Nur Hafijah, Desa Embalut
7. Ery, Desa Tanjung Batu
8. Kalina, Desa Bukit raya
9. Zunnur Ain Ihsan, SE, Desa Kerta Buana
10. Yeti Setianingsih, Desa Karang Tunggal
11. Dedeh Arman, Desa Loa Pari
12. Mayasari, Desa Separi
13. Abdul Fatah, Desa Mulawarman
14. Ari Nurbiyanto, Desa Bhuana Jaya
15. Syaipul Efendi, SE, Desa Perjiwa
16. Suriansyah, Desa Teluk Dalam
17. Pujo Edi Wasono, Desa Bangun Rejo
18. Ngatiyanto, Desa Bukit Pariaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com