Akmal Malik: OJK Sangat Berperan Jaga Stabilitas Sektor keuangan

SAMARINDA – OTORITAS Jasa Keuangan atau yang biasa dikenal dengan sebutan OJK adalah lembaga yang berperan penting dalam mengawasi dan mengatur seluruh sektor jasa keuangan di Indonesia yang tujuan pembentukannya untuk meningkatkan tatakelola sektor keuangan.

Dengannya itu berarti OJK mempunyai sejumlah kewenangan yang antara lainnya adalah mengawasi semua kegiatan di sektor keuangan termasuk dalam hal ini sektor perbankan.

Selain kewenangan yang dimilikinya, OJK juga mempunyai fungsi utama penting yaitu menciptakan sistem keuangan yang stabil, aman, efisien dan inklusif.

“OJK sangatlah berperan dalam menjaga stabilitas sektor keuangan yang pada gilirannya berdampak pada perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik pada acara Pengukuhan Kepala OJK Kaltimtara, Parjiman yang menggantikan Made Yoga Sudharma, yang dilaksanakan di Pendopo Odah Etam, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Jum’at (5/7/2024).

“OJK diharapkan terus menjadi ujung tombak kegiatan edukasi dan perlindungan konsumen di daerah. Karena itu saran dan masukan yang disampaikan oleh OJK, terutama untuk perbaikan dan tindaklanjutnya menjadi perhatian serius Pemprov Kaltim dalam rangka mengatur dan mengawasi pasar modal dan juga lembaga keuangan serta untuk melindungi para konsumen industir jasa keuangan,” ujar Akmal lagi.

“Saya berharap bahwa kegiatan masyarakat Kaltim yang ada dalam sektor jasa keuangan tersebut dapat mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil serta menciptakan iklim usaha yang kondusif, meningkatkan literasi dan inklusi keuangan serta memperkuat pengawasan terhadap lembaga keuangan di daerah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara, Deputi Komisioner Pengawasan Bank Swasta OJK Anung Harlianto, Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni, para pimpinan perbankan serta lembaga jasa keuangan yang ada di Kaltim. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com