Lepas Mahasiswa KKN Emas Angkatan 50, Ini Pesan Rektor Unmul

SAMARINDA – REKTOR Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda Abdunnur atas nama Civitas Academica memimpin acara Pelepasan Mahasiswa KKN Emas Angkatan 50 di Gelanggang Olah Raga (GOR) 27 September Unmul, Samarinda, Sabtu (6/7/2024).

Dengan mengusung tema “KKN Emas Unmul ke-50: Pengembangan Smart Village melalui Inklusi Sosial Ekonomi dan Lingkungan untuk Mencapai Tujuan SDG’s di Kaltim”, sejumlah 3.170 mahasiswa yang siap ditempatkan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menerima pesan khusus dari Rektor selaku pimpinan lembaga perguruan tinggi tersebut.

“Melalui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki, kalian harus bisa berkontribusi lebih banyak lewat implementasi program pengabdian kepada masayarakat desa,” pesan Abdunnur.

Kegiatan KKN yang akan berlangsung dari tanggal 8 Juli sampai dangan 22 Agustus 2024 diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan kepada masyarakat dalam pengembangan desa pintar melalui inklusi sosial, ekonomi dan lingkungan.

Diketahui pada KKN Emas Unmul Angkatan 50 ini para mahasiswa akan berupaya mencapai target-target dalam membangun Desa Peduli Lingkungan Laut, Desa Peduli Lingkungan Darat, Desa Tanggap Perubahan Iklim, Kawasan Pemukiman Desa Aman dan Nyaman, Keterlibatan Perempuan Desa, Desa Pendidikan Berkualitas dan capaian lainya disesuaikan dengan keadaan di lapangan.

“Angkatan 50 ini merupakan angkatan emas, menuju Indonesia Emas 2045. Saya kembali berpesan agar kalian tetap menjaga etika selama KKN serta memberikan peningkatan terhadap pendidikan di desa, enterprenuership dan aspek-aspek lainnya di masyarakat,” harapnya.

 

Selanjutnya Rektor Unmul Abdunnur secara simbolis melakukan serah terima mahasiswa KKN Emas Unmul ke 50 kepada Gubernur Kaltim yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Eka Kurniati.

Acara diakhiri dengan simbolisasi pelepasan burung merpati yang mengandung makna menandai dimulainya perjalanan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan mereka untuk pembangunan masyarakat. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com