Festival Budaya Nusantara Jadi Ajang Perkuat Potensi Pariwisata Kukar

TENGGARONG – PELAKSANA Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sugiarto mengungkapkan optimisme dan komitmen dalam menyelenggarakan Festival Budaya Nusantara tahun ini.

Saat ditemui usai acara Pembukaan Festival Budaya Nusantara di Lapangan Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Beberapa waktu lalu (08/07/2024), Sugiarto menekankan pentingnya festival tersebut sebagai bagian dari upaya memperkuat potensi pariwisata, terutama dalam konteks perhatian nasional terhadap Ibu Kota Negara (IKN).

“Kami berharap Festival Budaya Nusantara ini tidak hanya menjadi ajang pelestarian budaya, tetapi juga magnet wisata yang menarik, baik dari dalam negeri maupun mancanegara ke Kutai Kartanegara,” paparnya bersemangat.

Dia mengatakan, fokus utama festival tersebut adalah menggerakkan ekonomi lokal.

“Kami ingin festival ini tidak hanya sekadar menghibur, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi di Kutai Kartanegara. Dengan meriahnya acara tahun ini, kami berharap meningkatkan daya tarik festival bagi masyarakat dan wisatawan,” tambahnya.

Sugiarto mengungkapkan, pihak penyelenggara terus melakukan evaluasi untuk memastikan kesuksesan festival itu.

“Kami terus melakukan evaluasi agar festival ini sesuai dengan harapan masyarakat. Tahun ini, kami hadirkan pengalaman yang lebih istimewa dan memikat,” ungkapnya.

Dikatakannya, Festival Budaya Nusantara Kutai Kartanegara bukan hanya ajang pelestarian budaya tetapi juga promosi pariwisata yang potensial. Dengan berbagai atraksi budaya, pameran kerajinan, kuliner khas, dan pertunjukan seni, festival ini menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung.

“Festival ini menjadi bukti kekayaan budaya kita dan peluang untuk mempromosikan Kutai Kartanegara sebagai destinasi wisata unggulan, terutama seiring dengan perkembangan Ibu Kota Negara yang semakin berkembang,” pungkasnya. []

Penulis: Nur Rahma Putri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com