Jadi Tujuan VKN, Sunggono Ungkap Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kukar

TENGGARONG – KABUPATEN Kutai Kartanegara (Kukar) mendapatkan kehormatan menjadi tujuan Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX tahun 2024.

Rombongan Calon Pejabat Eselon II itu dipimpin Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslitbang) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Aswat diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kukar Sunggono didampingi Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kukar M Roqip di Ruang Serbaguna Kantor Bappeda Kukar, Jumat (12/7/2024)

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengucapkan selamat datang di Bumi Etam Kutai Kartanegara. Kami merasa bangga atas kunjungan Tim Visitasi Kepemimpinan Nasional ke daerah kami ini,” sambut Sunggono

Sunggono mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar berkomitmen untuk melakukan transformasi kebijakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan guna mendukung percepatan pengentasan kemiskinan. Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Kukar, yaitu mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia.

“Salah satu fokus utama dalam pembangunan di Kukar adalah pengentasan kemiskinan, karena merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh banyak daerah di Indonesia, termasuk Kutai Kartanegara,” jelasnya.

 

Dia kemudian memaparkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar, pada tahun 2022 tingkat kemiskinan di Kukar mencapai 62,87 persen. Sedangkan pada tahun 2023 terdapat penurunan angka kemiskinan sekitar 2,01 persen sehingga menjadi 60,86 persen.

“Kami yakin, dengan komitmen dan kerja keras bersama, kami dapat mewujudkan visi dan misi Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2021-2026. Kami juga berharap dengan adanya VKN ini, kami dapat memperoleh masukan dan arahan yang konstruktif dari Tim VKN untuk menyempurnakan program pembangunan di daerah kami,” imbuh Sunggono. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com