Ines Clarita : Wanita Borneo Inspiratif Mendunia

JAKARTA – Ines Clarita merupakan Wanita kelahiran Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, terpilih menjadi Youth Ambassador Mewakili Indonesia dalam kegiatan Kepemudaan Internasional di Young at Mission 21 yang dilaksanakan di 3 kota di Zurich, Swiss selama 2 minggu lebih, yaitu Winterthur, Basel, dan Rothenthurm dari tanggal 21 Juni – 8 Juli 2024.

Tidak hanya itu ines terpilih sebagai Group Youth Coordinator atau Koordinator Grup Pemuda yang bertanggung jawab dalam memimpin kontingen Benua Asia yang didalamnya ada negara Korea Selatan, Hongkong, Malaysia dan Taiwan.

Program duta pemuda berfokus pada pertukaran antar budaya antar pemuda di antara jaringan misi internasional. 18 duta pemuda (5-6 dari setiap benua; Afrika, Asia, Amerika Latin) Dalam persiapan kunjungan (lokakarya hibrida yang beragam) dan selama kunjungan itu sendiri (pertemuan antar budaya). Tidak hanya itu, 18 duta pemuda dari eropa juga tergabung dalam program ini jadi total 36 orang. Program ini merupakan sub-program dari Mission21 di Basel, Swiss untuk peningkatan kapasitas kepemudaannya dibidang Intelektual, Spiritual dan Budaya.

Program ini menjadi ajang bagi ines untuk meningkatkan kompetensi skill nya dibidang pertukaran budaya, menambah relasi, pemahaman antar dan transkultural dan serta memperdalam kesadaran akan keragaman masyarakat.

Wanita berusia 23 tahun itu ingin menjadi Wanita Borneo Inspiratif Mendunia “Agent of Change” sesuai motto Young at Ambassador yaitu menjadi agen perubahan disekitarnya. Ia mengatakan bahwa “sebuah kehormatan dan penuh tanggung jawab menjadi Youth Ambassador. Karena kita adalah pemuda terpilih yang menjadi representative negara kita masing- masing untuk menciptakan perubahan yang terjadi disekitar kita. Kita, pemuda adalah ujung tombak yang akan menjadi pemimpin di masa depan. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com