Mengenal Lebih Dekat Program Kukar Peduli dari Baznas

TENGGARONG – BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Baznas merupakan Lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Baznas mempunyai beragam program yang mendukung dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dalam hal pengelolaan dan penyaluran zakat masyarakat.

Program tersebut diantaranya Kukar Taqwa yang berkaitan dengan keagamaan, Kukar Cerdas berkaitan dengan pendidikan, Kukar Peduli untuk kemanusiaan, serta ada juga Kukar Makmur yang berkaitan dengan perekonomian dan kesejahteraan. Program tersebut sebenarnya berlaku di seluruh Indonesia, namun disesuaikan dengan daerahnya masing-masing.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kabupaten Kukar Wiwik Angranti menuturkan, khusus dalam Program Kukar Peduli pihaknya memfokuskan kepada aksi-aksi kemanusiaan. Seperti bencana alam dan musibah lainnya.

“Kukar Peduli ini sendiri merupakan pemberian bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah, seperti kebakaran, kebanjiran, dan semacamnya. Bantuan yang diberikan dalam bentuk yang variatif, tergantung dari yang membutuhkan bantuan,” jelas Wiwik saat ditemui beritaborneo.com di Kantor Baznas Kukar Jalan AP Mangkunegara, Teluk Dalam, Tenggarong, Senin (22/07/2024).

Bantuan tersebut lanjut dia, diberikan secara langsung oleh Baznas Kukar kepada yang berhak menerima. Pemberian bantuan tersebut kata Wiwik, berpedoman pada prinsip Baznas yang mengusung tiga Aman. Yakni, aman secara syar’i, aman secara regulasi, serta aman NKRI.

Tak hanya terpaku pada musibah, program Kukar Peduli juga dapat membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Dengan cara membuat pengajuan atau mengajukan diri ke Baznas untuk mendapatkan bantuan.

“Setelah itu, nantinya kami akan melihat atau melakukan survei, apakah orang tersebut benar-benar sangat membutuhkan bantuan,” ujarnya lagi.

Wiwik berharap, kehadiran Program Kukar Peduli ini bisa benar-benar membantu masyarakat yang membutuhkan dengan tepat sasaran. “Dan untuk satu semester ini, yang sudah kami distribusikan berkisar Rp430.393.483, dengan mustahiqnya sekitar 846 orang,” tutupnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com