Pemprov Kaltim Berupaya Entaskan Kemiskinan Melalui Pelatihan Keterampilan

SAMARINDA – PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) senantiasa berupaya mewujudkan peluang berusaha bagi masyarakat.

Dan salah satunya diejawantahkan ke dalam program pengentasan kemiskinan yang diampu oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Mikro (DPPKUKM) Provinsi Kaltim berupa kegiatan pelatihan keterampilan.

Kaitan itu, unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelatihan DPPKUKM Kaltim melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengolahan Produk Pangan Angkatan ke 2 serta Pelatihan Keterampilan Anyaman Rotan dan Keterampilan Mebel Kayu serta Rotan, yang dilaksanakan di Workshop UPTD Pelatihan, Jalan DI Panjaitan Nomor 3 Samarinda, Selasa (30/7/2024).

“Harapan kami, program pengentasan kemiskinan ini tidak hanya berjalan sporadis, tetapi dapat dikolaborasikan dengan baik untuk mengatasi kemiskinan, khususnya menurunkan angka kemiskinan di Kalimantan Timur,” kata Kepala DPPKUKM Kaltim Heni Purwaningsih.

Dia menegaskan, kolaborasi dengan sektor perbankan, unsur terkait serta pemerintah kabupaten/kota akan selalu dilakukan untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan, dengan harapan untuk mendapatkan gambaran serta progres yang optimal dalam pengentasan kemiskinan di Kaltim.

 

Selanjutnya, ungkapnya lagi, Pemprov Kaltim berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan program ini melalui sinergi seluruh sektor, termasuk pemasaran, pembiayaan juga pengembangan kompetensi.

Peserta pelatihan ini tidak hanya mendapatkan keterampilan tapi juga bantuan peralatan kerja produksi, sehingga diharapkan, setelah pelatihan, peserta dapat memanfaatkan peralatan tersebut untuk memulai usaha baru. Sehingga dapat memperoleh pendapatan dari usaha yang mereka jalankan.

Pelatihan Keterampilan Anyaman Rotan dan Keterampilan Mebel Kayu serta Rotan dilaksanakan mulai 30 Juli 2024 dan berakhir pada 2 Agustus 2024. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com