Program Bank Sampah Akan Hadir di Sejumlah SD di Loa Kulu

LOA KULU – KECAMATAN Loa Kulu tengah gencar-gencarnya melaksanakan program pengelolaan sampah. Tidak hanya melalui Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Reduc, Reuse, Recycle (TPST 3R) hasil kerjasama dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), namun beberapa waktu ke depan juga akan merambah ke dunia pendidikan.

Demi mempersiapkan generasi yang sadar akan sampah, Kecamatan Loa Kulu akan merencanakan sosialisasi terkait dengan program bank sampah.

Ketua TPST 3R Loa Kulu Muhammad Fadli mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengunjungi sekolah-sekolah dasar untuk menerapkan program bank sampah di sekolah.

“Kami akan mulai dari tingkat dasar dulu agar mereka terbiasa dalam memilah sampah kemudian tanggung jawab atas sampah yang mereka hasilkan sendiri,” ujar Fadli menjelaskan, Selasa (30/07/2024).

Anggota dari Bank Sampah Simpamas Loa Kulu ini juga menerangkan, Bank Sampah merupakan sarana pengelolaan sampah yang di dalamnya memuat kegiatan pemilahan, penimbangan, penyetoran, serta tabungan untuk nasabah.

 

Sistem kerjanya sederhana. Para nasabah hanya perlu mengumpulkan sampah yang mereka hasilkan sehari-hari, kemudian memilihnya (sesuai dengan jenis sampah yang punya harga di bank sampah), selanjutnya menyetorkan hasil sampah mereka menjadi uang yang kemudian hari bisa ditarik oleh nasabah.

Sistem kerja yang simpel ini menurut Fadli akan sangat mudah diterapkan di SD. Para siswa akan terbiasa dan mulai memilah sampah mereka.

“Jadi, harapannya kalau misal mereka lihat di jalan ada sampah kaleng, mereka akan mengumpulkan itu untuk ditabung di bank sampah sekolah. Mereka bisa saja berpikir, wah sampah ini bisa dijadikan uang, jadi besok aku tabung,” papar Fadli memberikan contoh.

Berkenaan dengan waktu sosialisasi masih belum dipastikan, namun sebut Fadli setelah Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 nanti akan mulai serentak diadakan pada SD-SD di Loa Kulu. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com