Tarakan Terima Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih untuk Pertama Kalinya

TARAKAN – Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan menerima duplikat Bendera Pusaka Merah Putih Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama kepala daerah se-Indonesia di Jakarta, Senin (05/08/2024). Setelah menerima duplikat bendera tersebut, Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan mengaku bangga menjadi kepala daerah pertama yang menerima duplikat tersebut. Tak hanya itu saja, acara ini pun merupakan yang pertama digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia yang ke-79.

“Saya sangat bangga, apalagi ini hal yang pertama dilaksanakan dari BPIP. Ini kebanggaan yang luar biasa, saya sampai menghayati sampai selesai,” ujar Bustan kepada RRI Tarakan, Kamis (08/08/2024). Ia menerima langsung duplikat bendera pusaka Merah Putih tersebut dari Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya. Selain itu, pihaknya pun menerima salinan Teks Proklamasi, Naskah Pidato Ir Soekarno serta buku teks utama Pendidikan Pancasila.

Ia menuturkan rasa nasionalismenya semakin bertambah karena bendera Merah Putih merupakan identitas bangsa yang harus dijaga marwahnya. Oleh karena itu, ia akan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam buku saku teks utama Pendidikan Pancasila yang turut dibagikan dalam acara tersebut.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 2022, duplikat bendera pusaka Merah Putih itu nantinya dikibarkan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Kantor Wali Kota Tarakan.“Termasuk di Kota Tarakan yang akan dikibarkan tanggal 17 yang sudah kita persiapkan acara HUT di depan rumah jabatan Wali Kota yang akan dikibarkan adik-adik kita Paskibaraka yang saat ini dilatih,” pungkasnya. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com